Yuk Ketahui Warna-warna Pembangkit Mood

Rabu, 01 Juli 2020 - 13:13 WIB
loading...
Yuk Ketahui Warna-warna Pembangkit Mood
Selain mencerminkan kepribadian, warna juga dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Pengaplikasian warna yang tepat akan mampu membangkitkan mood setiap penghuni rumah. Foto/dok
A A A
SELAIN mencerminkan kepribadian, warna juga dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Pengaplikasian warna yang tepat akan mampu membangkitkan mood setiap penghuni rumah.

Tetapi, ketika Anda ingin memilih warna untuk dekorasi rumah, warna apa yang harus Anda gunakan untuk memberikan kesan menyenangkan? Warna cerah dan natural bila gunakan dengan tepat keduanya mampu memberikan kesan tersendiri. Seperti warna kuning untuk ruang makan mampu membangkitkan selera makan penghuni rumah, warna biru di dalam kamar mampu memberikan kesan rileks saat beristirahat.

Lorna Arker, seorang pakar interior dari Style Studio, menyebutkan, ada lima warna yang dapat membangkitkan mood seseorang bila tengah berada di sebuah ruangan.

Dikutip dari Elladecor, selain memberikan kecerian dan ramah, kuning adalah lambang kebahagiaan dan sinar matahari. "Aplikasi dari warna ini dapat melepaskan serotonin, zat kimia neurotransmitter yang berkontribusi memberikan perasaan sehat. Sehingga, secara alamiah, kuning adalah warna terbaik untuk meningkatkan semangat," kata Lorna. (Baca: Tepat Dalam Memilih Warna Mampu Hidupkan Ruangan)

Selain itu, warna kuning juga mampu merangsang kreativitas. Meki demikian, Lorna menyarankan, agar warna kuning digunakan di area berkumpul seperti ruang makan dan ruang keluarga.

Tidak hanya kuning, warna hijau pun mampu memberikan pengaruh yang besar untuk penghuni rumah. Karakter warna hijau mampu memberikan kesan meniru alam.

Untuk warna yang lebih lembut, warna tersebut dapat memberikan kesan menenangkan, sehingga membantu untuk berkonsentrasi atau relaksasi. Sedangkan warna hijau yang lebih gelap dapat menjadi tanda untuk ruang privasi.

"Menggunakan warna hijau di rumah dapat memiliki efek grounding yang menghubungkan pemilik ke alam bebas. Keteduhan yang benar akan membuat ruang terasa seperti terhubung dengan suasana di luar jendela," ucapnya. (Baca juga: Rupiah Dibuka Loyo Ketika Mata Uang Lain di Asia Perkasa)

Untuk warna biru mampu memberikan kesan tenang, sekalipun untuk warna yang lebih gelap, dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Menurut Lorna, biru juga dianggap sebagai warna yang penuh loyalitas dan kepercayaan.

"Orang-orang yang bekerja diruangan berwarna biru lebih produktif, karena mereka tenang dan fokus. Warna biru juga ideal untuk ruangan kecil," terangnya.

Warna lembut seperti pink mampu memberikan kesan kehangatan dan kepekaan. Warna ini juga memberikan kesan asmara dan sensualitas. "Pink merupakan pilihan individu yang penuh kasih, baik hati, dan murah hati," tutur Lorna.

Sedangkan untuk warna pink yang lebih terang memberikan kesan optimisme dalam menjalani kehidupan, sangat menyenangkan, energik dan inspiratif. "Pink paling baik digunakan di ruang keluarga,dan kamar tidur," saran Lorna. (Lihat videonya: Terkena PHK Akibat Pandemi Corona, Fajar Coba Bangkit Jajakan Kopi Barista Keliling)

Warna terang seperti merah juga bisa diaplikasikan untuk ruangan. Warna ini memberikankesan berani dan percaya diri. Dari hasil penelitian, warna ini dapat meningkatkan denyut jantung dan emosi, sehingga sangat ideal bagi pemilik rumah yang energik yang ingin menyelesaikan pekerjaan.

"Merah yang digunakan di ruang keluarga dapat membuat ruangan terasa mewah dan ramah. Ini juga dapat menciptakan persepsi kehangatan, terutama selama musim dingin,"kata dia. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)