Catat, Ini Dia Tips Memilih HR Software yang Tepat untuk Perusahaan

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:13 WIB
loading...
A A A
3. Workforce Management
Workforce Management Platform merupakan platform terintegrasi secara keseluruhan, tidak hanya HR-sentris saja.

Kelola pekerja, absensi dan shift, analisa performa dan pengeluaran tenaga kerja, hingga jaringan pekerja semua dalam satu platform.

Workforce Management dapat menunjang operasional HR baik untuk mengelola pekerja formal dan informal apa pun kontrak mereka fullitime, kontrak maupun outsource.

Fungsi Workforce Management?
- Rekrut pekerja dengan jaringan pekerja terintegrasi
- Absensi dan penjadwalan shift
- Monitor data performa pekerja
- Aplikasi sebagai platform komunikasi yang terintegrasi

4. Payroll
Proses penggajian yang efektif melibatkan sejumlah proses untuk memastikan gaji diterima tepat waktu dengan nominal yang sesuai bersama dengan pajaknya serta bonus pekerja. Beberapa Payroll tools juga memberikan akses dalam mengelola BPJS. Setiap kenaikan, bonus, atau pengurangan juga harus ditangani dengan segera dan terdata.

Ketika bisnis tengah berkembang, software payroll dapat membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih terorganisir dan minim kesalahan.

Fungsi software payroll
Payroll management atau payroll tools akan mempermudah Anda untuk mengelola payroll secara keseluruhan sambil meminimalisir kesalahan dalam hal kalkulasi yang dilakukan manual, data yang lebih terorganisir, dokumentasi yang lebih mudah dibuat (termasuk halnya perpajakan). Sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak waktu.

Setiap HRD tentu mengetahui jika perhitungan gaji karyawan yang dilakukan setiap bulannya tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar. HRD harus menghitung seluruh komponen gaji karyawan dengan baik mulai dari menghitung jumlah kehadiran karyawan, menghitung PPH 21 karyawan, menghitung bonus karyawan dan yang terakhir menghitung BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

Tentu saja segala proses perhitungan tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat karena butuh ketelitian agar tidak terjadi salah hitung yang akan merugikan keduabelah pihak baik pihak perusahaan maupun pihak karyawan. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan harus mencari HR software terbaik yang agar segala proses perhitungan gaji karyawan dapat diselesaikan dengan lebih akurat dan efesien. Lalu bagaimana cara memilih HR software terbaik untuk perusahaan? Berikut tipsnya.

Pastikan HR Software Mudah untuk Dipahami
Tentu akan sia-sia jika menggunakan HR software terbaik yang memiliki beragam fitur yang berguna dalam proses penggajian namun sulit untuk dipahami oleh divisi Human Resource. Untuk itu, sebelum memilih HR software terbaik anda harus mengetahui bagaimana proses penggunaanya terlebih dahulu, anda harus mengetahui apakah HR software yang tersebut akan mudah dipahami oleh karyawan anda atau tidak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)