Melebur Layanan Laut dan Udara, Pelni dan APLog Tingkatkan Pelayanan

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:29 WIB
loading...
Melebur Layanan Laut dan Udara, Pelni dan APLog Tingkatkan Pelayanan
Dalam rangka meningkatkan bisnis logistik perusahaan dengan penyatuan layanan udara dan laut, Pelni mengambil langkah strategis, menandatangani nota kesepahaman dengan APLog. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan bisnis logistik perusahaan dengan penyatuan layanan udara dan laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mengambil langkah strategis, menandatangani nota kesepahaman dengan PT Angkasa Pura Logistik (APLog) tentang Pengangkutan Barang untuk Bandar Udara dan Pelabuhan Laut.



Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yossianis Marciano dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah di KM Kelud, Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (26/8/2022) siang.

Hal serupa diungkapkan Dirut APLog, Danny P. Thaharsyah yang menyambut baik perjanjian kerja sama ini. Ia menerangkan, alasamn memilik Pelni karena memiliki banyak rute, terlebih dengan adanya kapal-kapal perintis yang bisa masuk ke wilayah Indonesia Timur.

“Angkasa Pura 1 itu sendiri kan banyak bergerak di Indonesia wilayah Timur. Tujuannya agar biaya logistik juga bisa diturunkan dan supaya ada kolaborasi antarmoda dari laut, darat, dan udara sehingga distribusi barang dari wilayah timur atau dari wilayah timur yang mengangkut hasil bumi/produk alam ke wilayah barat juga bisa lebih lancar,” jelas Danny P. Thaharsyah.

Menurut Yossianis kolaborasi ini merupakan langkah awal kerja sama terkait layanan logistik, terutama untuk meningkatkan daya saing layanan logistik pada masing-masing pihak. “Ini kali pertama Pelnimenjalin kerja sama dengan APLog, diharapkan kolaborasi ini meningkatkan value bagi Perusahaan. Lebih lanjut, kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam hal layanan logistik laut dan udara,” tuturnya.



General Manager SBU Freight Forwarder APLog, Antono Widiagdo menjelaskan, kalau kerja sama ini sudah dirintis dari Surabaya. Menurutnya, kerja sama kantor cabang Surabaya dengan kantor cabang Pelni yang ada di Surabaya dan ditindaklanjuti secara nasional dengah harapan moda transportasi antara darat dan laut ini dapat segera terjalin koneksitas sehingga dapat menekan biaya pengiriman logistik secara keseluruhan.

“Kerja samanya dari kami akan menggunakan PT Pelni untuk distribusi barang yg melalui laut dan pihak PELNI akan menggunakan pengiriman udara untuk domestik maupun internasional,” jelas Antono.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini antara lain:
1. Kerja sama keagenan pengangkutan barang multi komoditas berbasis kapal penumpang, kapal barang, kapal perintis dan tol laut (general cargo, redpack/retail, peti kemas, kendaraan bermotor).
2. Kerja sama pengangkutan kargo udara milik PT Pelni melalui seluruh kantor cabang APLog.
3. Kerja sama jasa pengurusan transportasi dan keagenan pengiriman/pengangkutan barang menggunakan moda transportasi darat & udara di wilayah Kantor Cabang APLog untuk pickup dan delivery cargo di seluruh cabang di mana kegiatan usaha masing-masing Perusahaan.
4. Kerja sama dalam Pengiriman/pengangkutan project cargo yang membutuhkan penanganan khusus dalam pelaksanaan pekerjaan, dengan tidak menutup kemungkinan adanya proses penyewaan pesawat dan/atau kapal pada saat pelaksanaannya.
5. Kerja sama pemanfaatan aset bangunan dan sejenis.
6. Pengembangan marketing dengan kerja sama perluasan area pemasaran.
7. Potensi bisnis lainnya yang akan disepakati kemudian.

“Saat ini Pelni mengoperasikan 106 kapal dan 45 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, hal ini tentu akan memudahkan Pelni dan APLog dalam menjalin kerja sama, khususnya dalam hal pengangkutan barang multi komoditas.Begitupun sebaliknya, muatan barang yang dimiliki oleh Pelni juga akan diangkut oleh kargo udara milik APLog. Kolaborasi ini tentunya akan memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," terangnya.

PT Angkasa Pura Logistik (APLog) adalah perusahaan logistik nasional yang memiliki coverage domestik maupun internasional dengan dukungan 17 Kantor Cabang Cargo Terminal Operator & Regulated Agent, 11 Collection Point, Operator Air Freighter, Warehouse, Road Feeder Service dengan variasi layanan logistic terintegrasi: Freight Forwarding, Customs Clearance, Contract Logistics, Line Haul, Warehouse Management, PPJK, Courier Express, dan lain-lain yang semua berbasis multi moda yang terdigitalisasi memberikan pelayanan logistik yang konsisten menegakkan kualitas, terjaga, tepat waktu, aman, dan ketepatan dalam memberikan solusi logistik terintegrasi baik melalui darat, laut dan udara.

Harapannya dengan adanya kolaborasi antara Pelni dengan APLog dapat memperlancar arus distribusi logistik di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien baik melalui jalur darat, udara maupun laut.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)