Kreativitas Digital jadi Bekal Meraih Manfaat Lebih Internet

Selasa, 06 September 2022 - 21:01 WIB
loading...
Kreativitas Digital jadi Bekal Meraih Manfaat Lebih Internet
Internet harus dimanfaatkan secara positif. Ilustrasi foto/pexels/roberto nickson
A A A
JAKARTA - Pemanfaatan internet secara produktif, positif dan kreatif oleh masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan menggerakkan perekonomian.

Sayangnya, nilai dan manfaat internet yang berlimpah terkadang kurang dapat dirasakan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kapasitas diri, kreativitas, maupun kegiatan perekonomiannya.

Bahkan, terkadang warganet malah terjebak informasi bohong atau hoaks sehingga merugikan diri sendiri lantaran kurangnya kecakapan digital dan mudah percaya pada informasi yang salah.

Dalam webinar bertema “Solusi Mematikan Hoaks” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Banjarmasin, Kamis (1/9), Jawara Internet Sehat 2022 Sumatera Utara Andre Fauzan Nasution mengatakan, kehadiran internet merupakan anugerah bagi manusia.

Pasalnya, internet memiliki berbagai manfaat untuk mendukung pekerjaan, komunikasi dan jalinan persahabatan, kegiatan ekonomi, bahkan sebagai sarana hiburan.

“Untuk dapat memetik manfaat tersebut, warganet harus mampu membekali diri dengan meningkatkan kecakapan digital sehingga internet dan media sosial dapat digunakan secara positif, kreatif dan aman, serta terhindar dari paparan berita bohong,” ujarnya, dikutip Selasa (6/9/2022).



Untuk meningkatkan keahlian dan kreativitas bermedia digital, Andre menyarankan beberapa hal. Antara lain warganet dapat menggunakan sejumlah platform yang memiliki fitur pembelajaran ataupun tutorial seperti Ruang Guru, YouTube, aplikasi Canva, ataupun dari komunitas di Instagram dan media sosial lainnya.

“Berkaryalah untuk menghasilkan konten-konten yang positif, kreatif, inspiratif, informatif, dan edukatif bagi khalayak umum serta tidak mengandung unsur SARA. Ciptakan karya baru yang dapat berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah yang akan menjadi sumber penghasilan,” saran Ketua Dewan Kerja Ranting Medan Baru itu.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Relawan TIK Indramayu Mohamad Hanif Naufal menyoroti kejahatan internet yang semakin marak dan beragam seiring dengan pertumbuhan teknologi digital. Salah satu yang paling marak adalah hoaks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)