Tak Terduga, China Bisa Jadi Penyelamat Krisis Gas Eropa

Jum'at, 09 September 2022 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Kenapa China Mengubah Arah Kebijakan Energi Menjadi Penjual?

Pertama, disebabkan karena pergerakan perekonomian yang lesu. Pertumbuhan produk domestik bruto riil untuk semester pertama hanya 2,5%.

"Lockdown kota menyebabkan penurunan permintaan bahan bakar dan bahan kimia industri, yang pada gilirannya menghasilkan permintaan gas yang lebih rendah pada paruh pertama," kata Xuelian Li, seorang analis senior di Marubeni Research Institute.

"Sepertinya tidak akan meningkat lebih banyak di babak kedua," sambungnya.

Poin kedua yakni arahan dari pemerintah pusat untuk meningkatkan produksi energi, termasuk batu bara. "Penekanannya sekarang pada ketahanan energi melebihi arah mengurangi jejak lingkungan," kata seorang peneliti senior di Japan Oil, Gas and Metals National Corporation, Mika Takehara.

Provinsi Shanxi, misalnya telah meningkatkan produksi batu bara mereka dari sebesar 100 juta ton menjadi 1,3 miliar ton tahun ini, dan akan menambah 50 juta ton lagi pada tahun 2023, demikian menurut media lokal.

Produksi gas China sendiri juga berkembang. Produksi gas dalam negeri diperkirakan akan tumbuh 7% secara YoY pada tahun 2022, menurut perusahaan konsultan gas Energy. Impor LNG China di sisi lain, mungkin akan turun 20% pada tahun ini.

Penurunan impor China telah mempengaruhi harga internasional. Harga LNG di Asia saat ini sekitar USD45 per juta unit termal Inggris — lebih dari USD10 lebih murah daripada gas alam Eropa, yang dijual melebihi USD60 per juta BTU.

Perbedaan harga mencerminkan kesenjangan permintaan. Tahun lalu, ketika China membeli secara agresif dari pasar spot, harga Asia lebih tinggi daripada di Eropa.

Saat ini, permintaannya ada di Eropa. Pasokan gas Rusia ke Eropa berada pada level terendah dalam 40 tahun, menurut Administrasi Informasi Energi AS. Gas yang mengalir melalui pipa hanya tersisa 20% dari tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)