Lindungi Karya Musisi, Sandiaga Siapkan Wadah Digital Berbagi Royalti

Jum'at, 09 September 2022 - 15:38 WIB
loading...
Lindungi Karya Musisi, Sandiaga Siapkan Wadah Digital Berbagi Royalti
Menparekraf Sandiaga Uno merancang sebuah wadah digital berbagi royalti untuk melindungi hak cipta para musisi. FOTO/MNC Media
A A A
MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merancang sebuah wadah digital berbagi royalti untuk melindungi hak cipta para musisi. Tujuan pengembangan platform digital tersebut menjadi solusi bagi musisi untuk berkembang baik dalam hal pemasaran maupun promosi karya ke masyarakat luas.

"Kita akan menerbitkan suatu program namanya portamento dan ini karya musik memberantas pembajakan," kata Sandiaga saat menghadiri talkshow dengan tema Digitalisasi Musik di Universitas Ciputra, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Sandiaga Uno: DPR RI Setujui Pagu Anggaran Sementara Kemenparekraf Tahun 2023 Rp3,3 Triliun

Menurut dia program tersebut efektif melindungi hak cipta dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi para musisi. Pembuatan platform digital berbagi royalti tersebut bekerjasama antara Prolog dan Oke Oce Milenial Sulselbar.
Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan insentif atau stimulus melalui fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara gratis, dan ditambah pendampingan.

Pada kesempata itu Sandiaga juga berbincang langsung dengan Juang Manyala, CEO Pmancar.com. Ia telah membuat sebuah platform yang menjadi wadah transaksi ekonomi musisi. "Saya sampaikan ke Kementerian dan Pak Menteri Sandiaga Uno terkait bagaimana Makassar shifting digital era. Jadi musisi bikin project digital lalu dijual di pmancar.com sehingga ada transaksi ekonomi oleh para musisi di situ," sambung Juang.

Baca Juga: Emak-Emak dan Generasi Milenial Jawa Tengah Dukung Ganjar & Sandiaga Uno di Pilpres 2024

Sementara peserta talkshow digitalisasi musik Makassar, Eti mengatakan, kegiatan ini menjadi penting bagi kalangan milenial maupun generasi z (Gen Z). Terlebih adanya dorongan dari Sandiaga bisa membuat musisi untuk meningkatkan ekonomi. "Anak-anak muda bisa menyalurkan hobinya sebagai musisi. Jadi itu sangat bagus sekali buat kita bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan dari segi pendapatan," ucap Eti.

Lebih lanjut, Eti menilai kehadiran Sandiaga menjadi bukti bentuk keberpihakan dan memperhatikan ekonomi rakyat. Sehingga Ia meyakini Sandiaga patut maju menjadi calon presiden pada tahun 2024 nanti. "Karena Pak Sandiaga Uno ini memperhatikan ekonomi rakyat, terutama untuk kalangan generasi muda, atau milenial. Semoga Bapak Sandiaga Uno bisa menjadi Presiden," pungkasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1186 seconds (10.101#12.26)