Kesetaraan Gender, Kementan Motivasi Perempuan Berwirausaha Pertanian

Selasa, 13 September 2022 - 21:55 WIB
loading...
Kesetaraan Gender, Kementan Motivasi Perempuan Berwirausaha Pertanian
Kementan bersama Program YESS berupaya meningkatkan pelibatan perempuan pada pengembangan wirausaha pertanian.
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah bekerja sama dengan Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian atau International Fund for Agricultural Development (IFAD) untuk mendukung transformasi berkelanjutan di perdesaan.

Upaya ini dilakukan untuk mempromosikan ketahanan pangan dan gizi serta mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan kesejahteraan sosial melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Program YESS akan secara langsung memberi benefit bagi penerima manfaat. YESS akan memanfaatkan wirausahawan dari UKM berbasis pertanian dan perusahaan besar untuk memperluas pilihan yang tersedia bagi kaum muda mencari nafkah di daerah perdesaan.

(Baca juga:Kinerja Pertanian Mengejutkan)

Strategi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial atau Gender Equity and Social Inclusion (GESI) juga dikembangkan YESS, dengan tujuan untuk memastikan bahwa kelompok sasaran utama, perempuan, penyandang disabilitas dan masyarakat adat mengakses manfaat program.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian merupakan sesuatu yang menjanjikan bagi generasi milenial. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan, jika ingin hebat maka bertanilah.

“Pertanian adalah sesuatu yang pasti menjanjikan, bahkan saya ingin katakan kalau kau mau tidak miskin bertanilah. Bertani itu pasti hebat. Menjadi petani milenial pasti keren,” katanya.

(Baca juga:Ilmuwan Pertanian di 8 Negara Dorong Pertanian Modern dan Berkelanjutan)

Menindaklanjuti Strategi GESI, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Program YESS Jawa Timur, melakukan kunjungan ke Komunitas Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (11/9/2022).

Pada kunjungan tersebut, Wakil Direktur I Polbangtan Malang Novita Dewi Kristanti menemui Ketua Komunitas PEKKA, Ibu Kun. Wanita paruh baya berusia 57 tahun tersebut masih menunjukkan semangat tinggi dan ketertarikannya pada Program YESS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1880 seconds (10.55#12.26)