Di Hadapan Para Menaker Dunia, Ida Fauziyah: Raket Sekadi Sampat Lidi

Rabu, 14 September 2022 - 07:56 WIB
loading...
Di Hadapan Para Menaker Dunia, Ida Fauziyah: Raket Sekadi Sampat Lidi
Menaker Ida Fauziyah mengatakan, kebersamaan bisa mengatasi berbagai tantangan dunia. Foto/Kemnaker
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak para Menteri Ketenagakerjaan G20 untuk bersama-sama memulihkan kondisi global dari dampak pandemi. Menurutnya, kebersamaan mampu mengatasi berbagai persoalan dunia, baik saat ini maupun yang akan datang.



"Situasi yang terjadi saat ini serta tantangan yang akan terjadi di masa depan hanya dapat diselesaikan melalui kerja bersama," katanya saat menyampaikan pidato pada G20 Labour and Employment Ministers Networking Dinner with Social Partners di Badung, Bali, dikutip Rabu (14/9/2022).

Menaker Ida juga menyampaikan kata bijak dari Bali “Raket sekadi sampat lidi” (Rekatlah seperti sapu lidi). "Kata bijak ini memiliki makna yang dalam tentang kekuatan persatuan. Saya sangat senang melihat perwujudan nilai itu di sini," katanya.

Menaker mengapresiasi kehadiran para Menteri Ketenagakerjaan G20 yang tidak hanya mencerminkan dukungan terhadap Presidensi G20 Indonesia, tetapi juga menunjukkan komitmen seluruh anggota G20 untuk bersama-sama menyelesaikan tantangan global bidang ketenagakerjaan.

"Melihat antusiasme di wajah semua peserta hari ini, saya sangat optimistis kita dapat melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kondisi ketenagakerjaan global secara bersama-sama," katanya.

Menaker juga mengapresiasi seluruh delegasi G20 Employment Working Gruop (EWG), karena berbagai poin penting yang telah dibahas dan disepakati dalam forum EWG. Di antaranya pengembangan kapasitas manusia di dunia kerja pembelajaran sepanjang hayat, salah satunya model pendekatan bottom-up melalui Community Based Vocational Training (CBVT).

Selain itu kesepakatan juga terjadi terkait pentingnya memperbarui strategi keterampilan G20, penguatan pasar tenaga kerja inklusif untuk mengakomodasi penyandang disabilitas, iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja yang baik melalui UMKM dengan skala usaha yang terus meningkat, serta prinsip-prinsip perlindungan tenaga kerja adaptif bagi semua pekerja di dunia kerja yang terus berubah.



Menaker juga menyambut baik Joint statement Labor 20 (L20) dan Business 20 (B20) yang menunjukkan semangat mengejawantahkan tema Recover Together, Recover Stronger. "Saya yakin ini akan memberikan dampak yang baik di tingkat nasional dan global untuk menghadapi tantangan tenaga kerja di tengah situasi yang tidak pasti," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)