Investasi Foxconn di India 2 Kali Lipat Dibanding ke Indonesia: Tembus Rp282 Triliun

Kamis, 15 September 2022 - 07:20 WIB
loading...
Investasi Foxconn di India 2 Kali Lipat Dibanding ke Indonesia: Tembus Rp282 Triliun
India akan memiliki pabrik chips pertamanya. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - India ketiban lagi investasi jumbo. Kali ini investasi itu datang dari Foxconn dan Vedanta. Kedua perusahaan itu telah mengumumkan investasi mencapai USD19,5 miliar atau sekitar Rp282,7 triliun (kurs Rp14.500) untuk membangun salah satu pabrik pembuat chip pertama di India.

Baca juga: Inflasi AS Bisa Berdampak ke Investasi dan Kinerja Ekspor Negara Berkembang

Perusahaan Taiwan dan raksasa pertambangan India itu berinvestasi karena Pemerintah India mendorong untuk meningkatkan industri manufaktur chip di negara itu. Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan paket USD10 miliar (Rp145 triliun) tahun lalu untuk menarik investor.
Rencananya pabrik chip itu akan dibangun di negara bagian Gujarat, tempat tinggal Mr Modi, yang telah menjanjikan insentif. Namun, Ketua Vedanta, Anil Agarwal, mengatakan mereka masih mencari sebuah tempat sekitar 400 hektare dekat dengan ibu kota Gujarat, Ahmedabad.

Ketua Menteri Gujarat Bhupendrabhai Patel, mengatakan proyek itu akan disambut dengan karpet merah, bukan pita merah. Proyek ini diharapkan dapat menciptakan 100.000 pekerjaan di negara bagian itu. Menurut nota kesepahaman, fasilitas tersebut diharapkan mulai memproduksi chip dalam waktu dua tahun.

"Silicon Valley di India selangkah lebih dekat sekarang," kata Agarwal dalam sebuah tweet, dikutip dari BBC, Kamis (15/9/2022).

India sendiri telah menyatakan akan menghabiskan USD30 miliar (Rp435 triliun) untuk merombak industri teknologinya. Pemerintah mengatakan akan memperluas insentif di luar USD10 miliar awal untuk pembuat chip agar tidak terlalu bergantung pada produsen chip seperti Taiwan, AS, dan China.

"Gujarat telah diakui untuk pengembangan industri, energi hijau, dan kota pintar. Peningkatan infrastruktur dan dukungan aktif dan kuat pemerintah meningkatkan kepercayaan dalam mendirikan pabrik semikonduktor," kata Brian Ho, wakil presiden Foxconn Semiconductor Group.

Foxconn adalah mitra teknis. Vedanta mendanai proyek tersebut karena ingin mendiversifikasi investasinya ke sektor teknologi. Vedanta sendiri adalah perusahaan ketiga yang mengumumkan rencana untuk membangun pabrik chip di India.

Baca juga: Kebakaran di Lantai Empat Gedung Kemendes, Petugas Damkar Kesulitan Padamkan Api

Sejatinya, tak cuma di India, Foxconn juga telah menyatakan komitmen investasinya di Indonesia. Foxconn berencana terlibat dalam investasi kendaraan listrik dengan mengucurkan dana USD8 miliar atau Rp116 triliun, jauh lebih kecil dibanding rencana investasi mereka ke India.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1723 seconds (11.210#12.26)