Indonesia Masuk Daftar Negara Eksportir LNG Terbesar di Dunia, Ini Buktinya

Kamis, 15 September 2022 - 15:32 WIB
loading...
Indonesia Masuk Daftar Negara Eksportir LNG Terbesar di Dunia, Ini Buktinya
Daftar negara eksportir LNG terbesar di dunia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Indonesia ternyata menjadi salah satu negara eksportir LNG terbesar di dunia. LNG (Liquefied Natural Gas) adalah gas metana dengan komposisi 90% metana (CH4) yang dicairkan pada tekanan atmosfer dan suhu -163 derajat Celcius.

Selain untuk sektor transportasi, LNG dapat digunakan sebagai alternatif pengganti LPG di rumah tangga. Di berbagai belahan dunia, gas alam banyak digunakan sebagai bahan bakar kompor rumah tangga karena terjamin keamanan dan kebersihan emisinya dibandingkan dengan LPG.

Baca Juga: Ini Mobil Ratu Elizabeth II Paling Prestisius di Dunia, Harganya Rp189,6 Miliar

Sejak tahun 1970, volume ekspor LNG global telah meningkat lebih dari 500 miliar meter kubik. Sampai 2021, tercatat sebesar 513 miliar meter kubik LNG telah terekspor. China adalah negara pengimpor LNG utama di dunia.

Di tahun 2021 negara Asia tersebut telah mengimpor sekitar 109,5 miliar meter kubik. Disusul oleh jepang dengan volume impor 101,3 miliar meter kubik. Nah, negara mana saja kah yang memasok LNG paling besar di dunia? simak penjelasan berikut ini :

1. Australia
Australia memiliki volume ekspor LNG terbesar dari negara mana pun di dunia. Pada tahun 2022, terminal Australia untuk ekspor gas alam cair memiliki kapasitas gabungan sebesar 87,6 miliar meter kubik per tahun.

Australia dan Qatar saat ini merupakan negara pengekspor utama LNG, diikuti oleh Amerika Serikat, yang memiliki kapasitas tahunan sebesar 73,9 miliar meter kubik per tahun.

2. Qatar
Qatar berada di peringkat kedua dengan 106,8 miliar meter kubik LNG yang diekspor tahun lalu. Qatar melayani pelanggan-pelanggan di Asia seperti Korea Selatan, India, Cina dan Jepang. Hal ini berdasarkan data yang dilaporkan pada April lalu bahwa hampir 80% dari produksi LNG Qatar dikirim ke negara-negara tersebut.

3. Amerika Serikat
Disusul Amerika Serikat (AS) yang mengekspor 95 miliar meter kubik LNG pada periode yang sama. Pembeli dari luar negeri mencapai 13% dari produksi gas AS pada bulan Desember. Ini telah meningkat tujuh kali lipat dalam lima tahun terakhir. Hal ini disebabkan sebagian besar infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengangkut bahan bakar ke luar negeri belum tersedia.

4. Rusia
Rusia telah mulai mengurangi pasokan gas ke Eropa, yang menjadikan beberapa negara mempersiapkan rencana darurat menjelang musim dingin. Rusia sendiri memasok 40% gas alamnya ke Uni Eropa (UE) dan 27% minyak mentahnya ke negara-negara di Eropa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1207 seconds (10.101#12.26)