Ini 5 Perusahaan China yang Beroperasi di Kalimantan

Senin, 19 September 2022 - 13:53 WIB
loading...
Ini 5 Perusahaan China yang Beroperasi di Kalimantan
China sedikitnya memiliki lima perusahaan yang berdiri di Kalimantan. Salah satunya Tsingshan Holding Group. Foto DOK tssgroup
A A A
JAKARTA - China sedikitnya memiliki lima perusahaan yang berdiri di Kalimantan. Perusahaan ini didirikan untuk mempererat kerja sama antar kedua negara.

Melansir dari kemenperin.go.id, pada tahap awal 2014 lalu, pengusaha China sempat menggelontorkan dana sebesar USD 1-2 miliar. Hal itu usai adanya pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri (PM) China Wen Jia Bao pada 2012 lalu yang membuat arus investasi China ke Indonesia mengalir deras.

Baca juga : 3 Perusahaan China yang Beroperasi di Morowali

Berikut lima perusahaan China yang beroperasi di Kalimantan :

1. Tsingshan Holding Group

Tsingshan merupakan salah satu industri milik China yang terbaik di luar negeri. Industri ini diharapkan dapat memperkuat struktur industri Indonesia, baik struktur industri automotif, mesin, maupun alat kesehatan kedepan.

Perusahaan dari Negeri Tirai Bambu ini dibangun di kawasan Kalimantan Utara. Untuk nilai investasinya sendiri berkisar USD 28 miliar atau setara Rp372,4 triliun.

Tsingshan ditargetkan akan memproduksi feronikel berkapasitas 1,5 juta ton per tahun, ferrokrom 1,2 juta ton per tahun, stainless steel 2 juta ton per tahun, mangan 0,5 juta ton per tahun, dan ferrosilicon 0,2 juta ton per tahun.

2. Northern Heavy Industries Group (NHI)

Pada tahun 2013 lalu NHI Group bersama empat perusahaan lainnya mulai membangun pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) di Kalimantan Barat. Dengan total investasi USD 500 juta atau sekitar Rp6 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)