Kolaborasi Bisnis Ciptakan Situasi Win-win Antar Pelaku Usaha, Ini Buktinya

Selasa, 20 September 2022 - 07:25 WIB
loading...
Kolaborasi Bisnis Ciptakan Situasi Win-win Antar Pelaku Usaha, Ini Buktinya
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kolaborasi menjadi kata kunci yang penting dan harus dipraktikan dalam berbisnis di era saat ini. Dengan kolaborasi, akan tercipta situasi win-win antar pelaku usaha.

Konsep kolaborasi bisnis ini sudah banyak diterapkan di dunia usaha, salah satunya yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pemilik jaringan Alfamart) dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk (Bank Aladin).

Kedua entitas bisnis yang berbeda itu sepakat berkolaborasi melalui integrasi teknologi digital perbankan milik Bank Aladin dengan ekosistem milik Alfamart.



Konkretnya, Aladin Bank meluncurkan fitur tarik-setor tunai (tarsetun) di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, yang jumlahnya mencapai 17.800 gerai.

Marketing Director Alfamart Ryan Alfons Kaloh dalam webinar Indonesia Brand Forum (IBF), Senin (19/9) mengatakan, ada beberapa alasan utama Alfamart bisa berkolaborasi dengan bank Aladin.

Pertama adalah potensi market itu sendiri, di mana terdapat sekitar 77% masyarakat Indonesia yang masih unbankable. Kedua, adanya kesamaan segmen dan tujuan.

"Bagi saya kolaborasi dengan bank Aladin itu pas sekali kita melayani segmen market yang sama baik secara potensi market maupun demografinya," ujarnya, dikutip Selasa (20/9/2022).



Untuk itulah, lanjut Ryan, Alfamart berkolaborasi dengan Bank Aladin dalam mendorong inklusi keuangan dan memperkuat eksosistem bisnisnya.

“Kami bersifat terbuka. Kami juga melayani bank-bank yang lain. Kami nggak pernah menutup (diri). Cuma dalam hal ini, dengan Bank Aladin, ada kesamaan audience-nya. Mereka mau grow. Karena target market-nya ada di situ, unbankable dengan syariah," urainya.

"Apalagi syariah saya baca penetrasinya hanya 6,5% dibandingkan dengan konvensional. Jadi masih besar sekali. Proposition masuk Aladin sebagai bank syariah, sangat tepatlah dengan Alfamart,” imbuh Ryan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4315 seconds (0.1#10.140)