Utang PLN Turun Jadi Rp407 Triliun, Erick Thohir: Bukti Keberhasilan Transformasi

Rabu, 21 September 2022 - 20:09 WIB
loading...
Utang PLN Turun Jadi Rp407 Triliun, Erick Thohir: Bukti Keberhasilan Transformasi
Erick Thohir pamer penurunan utang PT PLN (Persero) menjadi Rp407 triliun saat melakukan rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pamer penurunan utang PT PLN (Persero) menjadi Rp407 triliun saat melakukan rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI. Menurutnya, penurunan jumlah utang menjadi bukti keberhasilan transformasi yang dijalankan PLN.

"Alhamdulillah, berkat, tentu dorongan dari Kementerian BUMN dan pengawasan dari Komisi VI DPR, utang PLN yang tadinya Rp 500 triliun saat mulai transformasi, sekarang utang PLN sudah turun jadi Rp 407 triliun," ungkap Erick Thohir, Jakarta, Rabu (21/9/2022).



PLN, lanjut Erick, melakukan percepatan pembayaran atau pelunasan utang selama 3 tahun terakhir. Hal ini membuat pinjaman perusahaan menurun secara drastis.

Dia pun berharap penurunan utang mampu memperbaiki arus kas dan kinerja PLN ke depannya. Sehingga perseroan bersiap menuju industri hijau. "Ini bagian dari menyehatkan arus kas PLN," tutur dia.



Di sisi lain, Erick memastikan Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai 2023 yang diterima PLN sebesar Rp10 triliun dialokasikan untuk pemerataan listrik di pedesaan. Dia menilai akses mendapatkan listrik bukan hanya hak bagi masyarakat dan industri yang ada di wilayah perkotaan, melainkan juga di pedesaan.

"Inu harus dipastikan mendapat akses yang sama. Ini hak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses ini, apalagi listrik sekarang sudah menjadi kebutuhan, tidak hanya bagi dunia usaha, melainkan juga untuk pendidikan, UMKM, dan juga kesejahteraan masyarakat," bebernya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)