Sinar Primera Group Bangun Cold Storage Kapasitas 4.000 Ton

Rabu, 21 September 2022 - 15:00 WIB
loading...
Sinar Primera Group Bangun Cold Storage Kapasitas 4.000 Ton
Sinar Primera Group groundbreaking pembangunan premium cold storage kapasitas 4.000 ton. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Sinar Primera Group, melalui salah satu anak usaha PT Indah Bestari Permai, menggandeng PT The Univenus dalam membangun premium cold storage berstandar internasional dan modern di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Premium cold storage ini berstandar internasional dengan spesifikasi fasilitas serta layanan yang mumpuni, baik secara struktur bangunan, peralatan dan mesin, sistem operasional, sistem pengaturan suhu, sistem kelistrikan, sistem alarm maupun fasilitas pendukung lainnya.

Direktur Sinar Primera Group Deddy Djaja Ria mengatakan, pembangunan cold storage untuk menjawab kebutuhan sistem rantai pendingin pada industri logistik di Indonesia, yang terus mengalami pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan rata-rata cold storage per tahunnya mencapai 6 persen seiring dengan berkembangnya layanan e-commerce serta pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tak Tertarik Beli Klub Sepakbola, Ruben Onsu Fokus Bisnis Frozen Food

Tingkat pertumbuhan tersebut juga didorong kian menggeliatnya populasi atau penikmat e-commerce yang sekarang ini cenderung memilih berbelanja secara online termasuk untuk kebutuhan bahan pokoknya seperti makanan, minuman dan sejenisnya. Diharapkan pembangunan cold storage di Sinar Primera Logistic Hub Pluit ini dapat berkontribusi terhadap kebutuhan cold storage di Indonesia bagi penggiat bisnis frozen atau perishable food, maupun kegiatan pengiriman industri farmasi, komoditi pertanian serta barang.

“Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang mendukung pengembangan new economy asset melalui inovasi, pengembangan berkelanjutan, dan produk yang unggul. Dalam kesempatan ini, Sinar Primera Group meluncurkan Cold Storage yang berada di lokasi yang sangat strategis karena dikelilingi oleh area komersial, industri, dan komplek pergudangan Pluit, Jakarta - Utara,” ujar Deddy Djaja Ria dalam pernyataan resminya, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut Deddy menjelaskan, cold storage di Sinar Primera Logistic Hub Pluit ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3.290 meter persegi dengan total luas bangunan kurang lebih 3.806 meter persegi yang terbagi menjadi 2 lantai dengan kapasitas total lebih dari 4.000 ton. Berlokasi dekat dengan Gerbang Tol Pluit dan Gerbang Tol Jembatan Tiga, cold storage Sinar Primera ini juga memiliki akses yang tidak jauh dari Pelabuhan Muara Karang, Pelabuhan Tanjung Priok, Ancol, Pantai Indah Kapuk, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Servis yang tersedia adalah chilled dan frozen storage yang akan dioperasikan dengan menggunakan warehouse management system (WMS) yang handal. “Ke depannya akan ada pengembangan berupa cold storage, gudang modern dan pengembangan kawasan industri lainnya dari Sinar Primera Group di beberapa potensial area sebagai wujud kontribusi terhadap kemajuan industri yang inovatif. Kami ingin berkontribusi terhadap negeri ini dengan mendukung pembangunan industri seperti ini,” tambah Deddy.

Sementara itu, Pemerintah Daerah setempat mendukung ekspansi yang dilakukan Sinar Primera Group dengan penyediaan pembangunan cold storage yang dapat mendukung pergerakan bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut.

Chairman Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia, Hasanuddin Yasni mengaku dengan adanya cold storage bisa membuat kebutuhan sistem rantai pendingin pada industri logistik di Indonesia semakin meningkat. Dia membeberkan, pertumbuhan rata-rata pertahunnya untuk gudang penyimpanan berpendingin (cold storage) mencapai 6-7 persen pertahun dan transportasi berpendingin mencapai 25-30 persen per tahun.

Baca Juga: Perluas Jangkauan Pengiriman Produk hingga 100 Kota, Prima Food Gandeng MGM Logistics

Ditambah dengan adanya urbanisasi penduduk dan perubahan gaya hidup kelompok milenial, juga menjadi pendorong pertumbuhan industri rantai pendingin kedepan dengan penyediaan hub-hub storage frozen food.

“Kami menyambut baik adanya investor yang membangun sarana seperti ini, karena memang di daerah ini masih banyak diperlukan pembangunan cold storage, kebutuhan sistem rantai pendingin pada industri logistik di Indonesia, yang terus mengalami pertumbuhan yang signifikan," pungkasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1710 seconds (11.97#12.26)