Astra International Serap Belanja Modal Rp7,6 Triliun di Semester I 2022

Kamis, 22 September 2022 - 13:44 WIB
loading...
Astra International Serap Belanja Modal Rp7,6 Triliun di Semester I 2022
Astra International. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) telah merealisasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp7,6 triliun hingga semester pertama tahun ini. Serapan tersebut setara 30% dari alokasi capex ASII sepanjang tahun sebesar Rp25 hingga Rp26 triliun.

Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro menjelaskan,belanja modal yang telah digunakan sebagian besar dialokasikan untuk unit usaha pertambangan dan alat berat.

“Capex tersebut kami alokasikan di unit bisnis pertambangan di United Tractors dan PAMA. Digunakan untuk peremajaan alat berat dan lainnya,” kata Djony dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).



Sementara itu, sebagian capex yang telah diserap dialokasikan untuk investasi perseroan di PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), juga investasi di bidang digital dan transportasi logistik.

Djony menjelaskan, unit bisnis pertambangan dan alat berat memiliki kontribusi paling besar yakni sebesar 42% terhadap pendapatan perseroan. Hal itu dikarenakan tren harga komoditas yang kian melonjak beberapa waktu belakangan.

Adapun, unit bisnis infrastruktur juga mulai memberikann kontribusi positif yang besar terhadap kinerja bisnis ASII. Sedangkan, untuk lini bisnis baru belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perseroan.



Untuk itu, perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan portofolio bisnis dan mengembangkan ekosistem dalam Grup Astra. Perseroan juga gencar mencari peluang bisnis baru seperti berinvestasi pada layanan kesehatan, digital dan layanan keuangan.

“Beberapa investasi baru tersebut sejalan dengan peta jalan yang kami susun untuk bisnis Astra ke depannya,” pungkas Djony.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)