Ketika Sultan Lintah Menangguk Cuan dari Negeri Jiran

Jum'at, 23 September 2022 - 15:14 WIB
loading...
Ketika Sultan Lintah Menangguk Cuan dari Negeri Jiran
Lintah ternyata memiliki pasar tersendiri di luar negeri. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Usaha kecil, menengah ( UKM ) asal Bengkulu, Sultan Lintah, melakukan ekspor 1.000 ekor lintah hidup (Hirudo medicinalis) ke Malaysia . Lintah ternyata memiliki pasar tersendiri di luar negeri.

Baca juga: Dongkrak Produktivitas Usaha, KSPPS Anugerah 'Nyaman' Bermitra dengan LPDB-KUMKM

"Ini komoditas unik dan ternyata pasarnya ada, tentu ekspor perdana ini menunjukkan potensi dan peluang Indonesia," kata Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu, Sugeng Prayogo, dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022).

Sebelum dikirim ke Negeri Jiran, Sugeng menyebut jajaran BKIPM Bengkulu telah menerbitkan sertifikat Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) hingga bisa diterima di Malaysia.

"Tentu kita lakukan pengecekan kualitas dan mutu produk sebelum dikirim agar tidak terjadi penolakan di negara tujuan. Dan Alhamdulillah, lintah hidup sudah dikirim Rabu kemarin," tuturnya.

Sugeng berharap ekspor ini menjadi langkah awal yang baik bagi Provinsi Bengkulu untuk dapat memasarkan produk-produk Bengkulu ke luar negeri. Dia pun mendorong agar pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan menjaga sekaligus meningkatkan ekspor tersebut.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, Hampir 50 Persen Kampus Top dari Swasta


"Langkah selanjutnya tentunya adalah bagaimana kita meningkatkan jumlah ekspor dan memperluas pasar," pungkasnya.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1926 seconds (11.97#12.26)