Lawan Tengkulak, Uma Inovasi Selangit Angkat Ekonomi Petani Kopi Sumsel

Rabu, 28 September 2022 - 17:23 WIB
loading...
A A A
Tak sia-sia, Uma Inovasi Selangit saat ini telah memiliki enam gerai kopi di Sumatera Selatan yang tersebar di beberapa wilayah, yakni Ro’se Megang yang merupakan gerai kopi pertama di Selangit, lalu Ro’se Dempo dan Ro’se Mandiriana di Lubuklinggau, lalu Ro’se Taman Beregam di Musi Rawas, Ro’se Pendopo, di PALI dan Ro’se Bengkulu.

Tahun depan adalah tahun terakhir Pertamina EP Pendopo Field terlibat dalam program pembinaan Uma Inovasi Selangit. Risela menyebutkan, Uma Inovasi Selangit bakal lebih aktif lagi membina masyarakat lokal atau pemuda. "Jelang berakhirnya program pembinaan dari Pertamina EP Pendopo, kami berharap ada bantuan lebih intens agar pemasaran produk kopi bisa digenjot," ujarnya.

Atas keberhasilan memberdayakan petani kopi, Uma Inovasi Selangit memperoleh penghargaan sebagai UMKM terbaik Se-Indonesia di ajang Forum Kapasitas Nasional II di Jakarta 27-28 Juli 2022 lalu. Sebelumnya, kelompok tani ini juga menyabet gelar UMKM terbaik kedua di ajang Pra Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) 2022 wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang diadakan di Palembang, Juli 2022 lalu.



General Manager Zona 4 Regional 1 Sumatera PHR Agus Amperianto mengatakan, program pemberdayaan ekonomi masyarakat, sebagaimana yang dilakukan oleh Kelompok Tani Uma Inovasi Silangit, terbukti dapat membawa dampak positif. Hal itu tampak dari lima indikantor, yaitu masyarakat petani yang lebih mandiri, kemitraan terjalin dengan baik, dan mendorong munculnya wirausaha baru.

"Selain itu, program ini telah menguatkan ekonomi industri kecil dan membantu perekonomian usaha menjadi modern," ujarnya. Pimpinan di Zona 4 Regional 1 Sumatera PHR ini juga mendorong program pemberdayaan lanjut untuk menyesuaikan kondisi bisnis di era saat ini, dimana perkembangan teknologi sangat cepat dan semakin maju.
Agus menegaskan, usaha perlu mengikuti perkembangan teknologi untuk bisa berkembang.

Dia menegaskan, pihaknya akan tetap mendukung Uma Inovasi Selangit yang telah memiliki enam gerai kopi di Sumsel ini agar menjadi lebih besar, modern, dan kuat. "Dengan begitu, bisa tetap terus maju dan tidak terhalang di tengah era disrupsi ini," tutupnya.

(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)