Perkuat Ketahanan Pangan, Ganjar Sulap Lahan Tidak Produktif Jadi Ladang Jagung

Rabu, 28 September 2022 - 15:30 WIB
loading...
Perkuat Ketahanan Pangan, Ganjar Sulap Lahan Tidak Produktif Jadi Ladang Jagung
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono melakukan penanaman bibit jagung di lahan 10 hektare milik Kodam IV/Diponegoro di Bulusan, Tembalang, Semarang. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Dalam rangka memperluat ketahanan pangan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono bersinergi memperkuat ketahanan pangan dengan melakukan penanaman bibit jagung. Penanaman dilakukan di lahan 10 hektare milik Kodam IV/Diponegoro di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Bibit jagung yang ditanami adalah bibit jenis hibrida generasi kedua (F2).

"Saya sampaikan terima kasih pada Kodam IV/Diponegoro beserta jajarannya karena dalam konteks ketahanan pangan mereka cukup serius. Lahan-lahan yang dimiliki Kodam sekarang ditanami jagung," kata Ganjar di lokasi, Rabu (28/9/2022).



Ganjar menjelaskan, penanaman yang dilakukan dalam rangka memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini kurang produktif. Menurutnya, pemanfaatan lahan ini sangat tepat, terlebih untuk memperkuat ketahanan pangan. Oleh sebab itu, Ganjar mengatakan, semakin banyak pihak-pihak atau instansi terkait yang melakukan penanaman, maka semakin banyak lahan yang dimanfaatkan.

"Lahan-lahan yang selama ini tidak optimal tidak termanfaatkan dengan baik maka sekarang mulai dioptimalkan. Sehingga beberapa komoditas bisa kita tanam dengan seluruh kekuatan dari instansi yang ada, ini akan sangat membantu," jelas Ganjar.

Perkuat Ketahanan Pangan, Ganjar Sulap Lahan Tidak Produktif Jadi Ladang Jagung


Pada kesempatan itu, Ganjar menanam bibit jagung menggunakan alsintan milik Kodam IV/Diponegoro. Sementara untuk penyiraman cairan pestisida dilakukan dari udara menggunakan drone berukuran cukup besar. "Teknologinya juga bagus tadi ya, sudah dimulai dengan permesinan. Jadi nanemnya pakai peralatan, nyiramnya pakai drone, ini tentu akan jadi menarik dan bisa melibatkan warga, lebih enteng lah," ucap Ganjar.



Ganjar menuturkan, jika dalam tiga bulan ke depan hasil panennya bagus, maka pihaknya akan menggenjot penanaman komoditas lain, guna menguatkan ketahanan pangan daerah. "Kalau tiga bulan kita sudah ada hasil panennya, tadi Pak Pangdam bicara kita harus lebih genjot lagi pada komoditas berikutnya," kata Ganjar.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)