Begini Tren Belanja Online Sepanjang Kuartal III 2022 versi Tokopedia

Kamis, 29 September 2022 - 15:13 WIB
loading...
Begini Tren Belanja Online Sepanjang Kuartal III 2022 versi Tokopedia
Tokopedia mengungkap tren belanja sepanjang kuartal III 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tokopedia mencatat rumah tangga, makanan dan minuman ( mamin ), serta kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022. Pada kategori rumah tangga; benih/bibit tanaman, keran air dan pupuk, menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu.



"Sedangkan di kategori mamin; mie instan, susu bubuk serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli. Di kategori kesehatan; masker, obat herbal dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, dikutip Kamis (29/9/2022).

Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III-2022 dibanding periode yang sama di 2021:

1. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur).
2. Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).

Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur dan layanan yang baik dan amanah. Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam.

Masih berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori fesyen muslim, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan. Sedangkan di subkategori perlengkapan ibadah; mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.



“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” tutup Rizky Juanita Azuz.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)