Pengamat Ungkap Penyebab Pengguna BBM Pertalite Beralih ke Revvo 89

Jum'at, 30 September 2022 - 12:23 WIB
loading...
A A A


Menanggapi hal tersebut, Mamit mengungkapkan bahwa saat ini belum mengetahui betul isi yang terkandung dalam Revvo 89. Namun, menurut dia, yang jelas kandungan RON 89 tidak lebih baik dibandingkan Pertalite yang RON 90.

"Kualitas Revvo 89 saya tidak bisa memastikan ya karena saya belum tau hasil ujinya seperti apa. Yang pasti jika melihat RON mereka hanya 89 maka tidak lebih baik dibandingkan Pertalite yang RON 90. Meskipun selisih 1 oktan, tapi cukup berpengaruh terhadap kinerja mesin," tuturnya.

PT Pertamina (Persero) membantah kabar yang menyebutkan bahwa kualitas BBM jenis Pertalite menurun pasca mengalami kenaikan harga.

"Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan resminya.



Belakangan memang ramai di media sosial perbincangan yang menyebutkan Pertalite sekarang mudah menguap dan cepat habis. Menurut Irto, dugaan yang menyebutkan Pertalite mudah menguap tidaklah benar. Pasalnya, dalam spesifikasi Keputusan Dirjen Migas, disebutkan bahwa tingkat penguapan bahan bakar pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP), masih sesuai batas.

"Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal)," urainya.

Irto menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop, telah sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat.

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi untuk memastikan produk yang didapatkan terjamin kualitasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)