Pengamat Ungkap Penyebab Pengguna BBM Pertalite Beralih ke Revvo 89

Jum'at, 30 September 2022 - 12:23 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Penyebab Pengguna BBM Pertalite Beralih ke Revvo 89
Pengendara motor mengisi BBM di salah satu SPBU. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Meskipun harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite sudah naik, antrean konsumen yang mengisi bensin di SPBU Pertamina masih ramai. Akibat antrean yang mengular, banyak konsumen Pertalite beralih ke BBM Revvo 89 di SPBU Vivo.

"Saya kira saat antrian untuk pembelian Pertalite ini cukup panjang. Hal ini membuat masyarakat yang terburu-buru mau kerja, lebih baik ke revvo. Mau ke Pertamax yang nggak ngantri tapi harganya masih lebih tinggi dari Revvo 89,” kata Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (30/9/2022).

Selain malas mengantre, isu yang viral di media sosial soal Pertalite yang lebih boros juga ikut mempengaruhi konsumen untuk mencoba BBM lainnya yang setara tapi dinilai lebih awet.

“Ramai di media sosial yang bilang lebih awet (BBM Revvo), lebih bagus dan membuat masyarakat jadi terarahkan ke sana," tukasnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa BBM Pertalite menjadi lebih boros setelah harganya naik. Konsumen menduga kualitas BBM bersubsidi ini diturunkan sehingga jarak tempuh per liternya berkurang meski tudingan ini telah dibantah Pertamina .

Baca juga: Jatuhnya Harga Minyak Dunia Belum Akan Turunkan Banderol BBM, Ini Penjelasannya!

Para pengendara pun membandingkan Pertalite dengan Revvo 89 dari SPBU Vivo yang harganya lebih mahal Rp900 per liter. Bensin Revvo 89 di SPBU Vivo disebut-sebut lebih irit dibanding bensin Pertalite RON 90 milik Pertamina.

Walau lebih mahal Rp900 per liter, sejumlah warga lebih mengaku lebih tertarik mengisi motor mereka dengan bensin Revvo 89 karena diklaim lebih irit sehingga jarak tempuh yang dilalui bisa lebih jauh ketimbang Pertalite.

Bahkan, seorang pengendara menyebut Revvo 89 lebih irit dibandingkan Pertamax RON 92. Pemilik akun twitter @anaswongkamfung dalam ciutannya menyebut bensin jenis Revvo 89 lebih irit dari BBM jenis Pertalite.

"Gw pakai Vivo Revvo 89 motor Honda Vario 125 isi full tank jarak tempuh Cengkareng sampai BSD jarak 60 km pulang-pergi sudah 3 hari masih 3 strip padahal ditambah antar jemput anak sekolah pagi kalau sore ngaji kira-kira 20 km jadi 80 km/hari... Palingan ngisi sekitar 2,8 liter biar full tank," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1298 seconds (11.97#12.26)