Ini 4 Negara yang Wilayahnya Dilewati Pipa Nord Stream Rusia

Jum'at, 30 September 2022 - 15:59 WIB
loading...
Ini 4 Negara yang Wilayahnya Dilewati Pipa Nord Stream Rusia
Pipa gas Nord Stream menjadi salah satu fokus perselisihan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa selama beberapa waktu ke belakang. Foto DOK Reuters
A A A
JAKARTA - Pipa gas Nord Stream menjadi salah satu fokus perselisihan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa selama beberapa waktu ke belakang. Untuk diketahui, pipa Nord Stream ini merupakan saluran pipa terbesar yang membawa pasokan gas alam Rusia ke Eropa melalui Jerman.

Pasca invasi Rusia ke Ukraina, negara-negara Uni Eropa turut memberikan sanksi kepada Kremlin. Alhasil, Vladimir Putin pun membalasnya dengan mulai memotong aliran gas alamnya ke negara-negara tersebut.

Baca juga : Nord Stream: Swedia Menemukan Titik Kebocoran Baru dalam Pipa Gas Rusia

Dikutip dari laman Nord Stream, rute pipa ini dibangun melalui Laut Baltik dan membentang dari Vyborg, Rusia ke Lubmin dekat Greifswald, Jerman. Selain itu, pipa ini dibangun dan dioperasikan oleh Nord Stream AG.

Berikut beberapa negara yang dilewati pipa Nord Stream Rusia :

1. Finlandia

Negara pertama dalam daftar ini adalah Finlandia. Negara di kawasan Eropa Utara ini wilayahnya memang dilintasi pipa Nord Stream Rusia. Dikutip dari laman Cepa, pada 2021, Finlandia diketahui sebagai salah satu dari lima investor utama yang menyediakan dana untuk pendanaan Nord Stream 2.

Selain itu, peran Finlandia dalam proyek tersebut juga cukup penting, namun sering dilupakan. Padahal, pipa Nord Stream diketahui melewati sekitar 374 km perairan teritorial negara ini.

2. Denmark

Berikutnya ada Denmark. Dikutip dari laman Radio Free Europe, pada tahun 2019 negara ini telah mengizinkan Gazprom untuk membangun jalur pipa ekspor gas melalui perairan Denmark.

Badan Energi Denmark (DEA) menyebut dalam salah satu pernyataannya bahwa mereka menyetujui rute pipa tenggara sekitar 147 kilometer yang diusulkan oleh Gazprom.

Baca juga : Swedia Temukan Kebocoran Baru di Pipa Gas Nord Stream Rusia

3. Swedia

Swedia merupakan negara Nordik di kawasan Eropa Utara. Adapun wilayahnya sendiri berbatasan langsung dengan Norwegia di barat dan utara, serta Finlandia di bagian timurnya.

Swedia juga menjadi salah satu negara yang wilayahnya dilewati jalur pipa Nord Stream Rusia. Bahkan, dalam kebocoran yang baru ini terjadi, mereka menjadi salah pelapornya.

Dikutip dari laman The Guardian, pihak berwenang Swedia melaporkan kebocoran untuk kesekian kalinya pada salah satu saluran pipa Nord Stream. Untuk kali ini, para pemimpin Uni Eropa meyakini penyebabnya adalah karena sabotase.

Seismolog di Swedia merekam ledakan di bawah air, tepatnya di pulau Bornholm dan menunjukan tindakan sabotase yang disengaja. Dalam kejadian ini, pihak Rusia dan NATO langsung saling menyalahkan atas pecahnya jaringan pipa tersebut.

4. Jerman

Negara berikutnya yang dilewati pipa Nord Stream Rusia adalah Jerman. Dikutip dari laman Dw, pada 2018 lalu Nord Stream telah mengantongi izin dari Berlin untuk memulai konstruksi dan operasi Pipa Nord Stream 2 di wilayah negaranya.

Keputusan ini telah membersihkan semua rintangan hukum untuk membangun bagian pipa sepanjang 31 km di zona ekonomi eksklusif Jerman. Untuk diketahui, kala itu Jerman sendiri menjadi salah satu konsumen terbesar gas alam Rusia di kawasan Eropa.

Selain keempat negara tersebut, jaringan pipa Nord Stream ini juga memiliki relevansi dengan Estonia, Latvia, Lithuania, dan Polandia.

Demikian ulasan mengenai deretan negara yang dilewati oleh jalur pipa Nord Stream Rusia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)