Dijamin 6 Kepala Daerah, Bandara Jenderal Soedirman Siap Layani Penerbangan Komersial

Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:00 WIB
loading...
Dijamin 6 Kepala Daerah, Bandara Jenderal Soedirman Siap Layani Penerbangan Komersial
Bandara Jenderal Soedirman siap melayani pesawat-pesawat komersial. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, siap melayani penerbangan komersial pada bulan ini, seteleh berhenti beroperasi akibat pandemi. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kembali beroperasinya bandara itu karena dukungan seluruh pihak, seperti pemda, maskapai, dan PT Angkasa Pura II.

Baca juga: Bandara Soedirman Sudah Sebulan Tak Layani Penerbangan, Pengamat: Semoga Tak Seperti Kertajati

“Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai, untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini,” ujar Menhub Budi dalam keterangan tertulis Minggu (2/10/2022).

Menhub menuturkan kepastian pembukaan bandara dinyatakan usai menggelar rapat bersama AP II dan enam kepala daerah di Jawa Tengah bagian barat dan selatan, yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen.

Para kepala daerah telah menyatakan komitmennya untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat melalui blocking seat atau pembelian kursi, yang skemanya akan dibahas lebih lanjut antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing, dengan fasilitasi dari Kemenhub.

AP II selaku operator bandara juga menyiapkan dukungan berupa insentif dan promosi bagi maskapai. President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan insentif akan diberikan untuk periode-periode tertentu.

“AP II memberikan stimulus atau insentif kepada maskapai berupa pembebasan biaya pendaratan dan parkir pesawat untuk periode tertentu. Insentif ini kami harapkan dapat mendukung maskapai dalam melayani penerbangan dari dan ke Purbalingga,” ujar Muhammad Awaluddin.

Maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman juga akan mendapatkan skema kerja sama pemasaran (cross promotion) berupa penayangan informasi rute penerbangan dari dan ke Purbalingga serta promosi potensi wisata di Purbalingga dan sekitarnya, di 222 media digital yang ada di 18 bandara AP II.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Jenderal Besar Soedirman Catur Sudarmono memaparkan seluruh area bandara baik di sisi darat (land side) maupun sisi udara (air side) telah siap untuk mendukung penerbangan komersial.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Simak Pesan Mendikbudristek

“Seluruh area seperti check in area, boarding lounge, baggage claim area, hingga fasilitas umum sudah siap melayani penumpang,” katanya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1514 seconds (10.177#12.26)