Lewat Program BBM Murah, Relawan Sandi Bantu Ringankan Beban Nelayan di Cilacap

Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:30 WIB
loading...
Lewat Program BBM Murah, Relawan Sandi Bantu Ringankan Beban Nelayan di Cilacap
Relawan UKM Sahabat Sandi mengadakan program BBM Murah untuk para nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. FOTO/dok.Istimewa
A A A
CILACAP - Nelayan harus mengeluarkan kebutuhan melaut sebesar 60% untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Saat terjadi kenaikan harga, tentu akan berdampak terhadap penurunan pendapatan nelayan.

Relawan UKM Sahabat Sandi pun kemudian melaksanakan program BBM Murah untuk para nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meringankan kebutuhan operasional para nelayan.

Perwakilan UKM Sahabat Sandi Cilacap, Vienkan mengatakan, program subsidi BBM yang diberikan kepada nelayan sangat tepat sasaran dan bantu bangkitkan ekonomi para nelayan. Hal ini karena nelayan merupakan masyarakat kecil yang berkontribusi dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

"Jadi ketika memberikan ini, dari UKM Sahabat Sandi menurut saya program pak sandi sangat tepat sasaran, karena bisa meringankan para nelayan dalam menghemat bahan bakar serta membangkitkan ekonomi para nelayan," ujar Vienkan, Senin (3/10/2022).



Vienkan menjabarkan mekanisme pemberian BBM murah kepada nelayan. Dia mengatakan, nelayan diberikan sebuah kupon untuk ditukarkan dengan satu jeriken bensin. "Mereka nanti dikasih voucher senilai 50 ribu lalu ditukarkan dengan uang sepuluh ribu,kemudian nanti mereka membawa jeriken kepada pom untuk diisi bahan bakar dengan kurang lebih 4 liter yang diberikan," jelasnya.

Lewat Program BBM Murah, Relawan Sandi Bantu Ringankan Beban Nelayan di Cilacap

Melihat berbagai terobosan itu, Vienkan bersama perkumpulan nelayan di Cilacap menegaskan dukungannya terhadap pencalonan Sandiaga Uno sebagai presiden di 2024. Hal ini karena Sandiaga merupakan sosok yang peduli dan turut membantu perekonomian masyarakat Indonesia.

"Pak Sandi itu sosok yang sangat inspiratif dan kedua memang sosok yang memang konsen pada pemulihan ekonomi nasional, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat tepat. Apalagi Pak Sandi di 2024 jika mencalonkan sebagai presiden, kita sangat mendukung," jelasnya.



Dalam kesempatan yang sama, perwakilan nelayan yang juga penerima manfaat, Eko Romaniyanto mengatakan, program BBM murah yang diberikan oleh UKM Sahabat Sandi sangat membantu nelayan. Sebab, dapat menghemat operasional saat melaut.

"Perasaan saya senang dan bahagia karena mendapat subsidi 10 ribu dapat BBM satu jeriken, semoga kelanjutannya masih ada dari permintaan nelayan," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)