Genjot Produktivitas Petani, Para Konsultan IPDMIP Diminta Perkuat Koordinasi

Sabtu, 04 Juli 2020 - 15:10 WIB
loading...
Genjot Produktivitas Petani, Para Konsultan IPDMIP Diminta Perkuat Koordinasi
Para Konsultan Regional dan Konsultan On Granting yang tergabung dalam proyek IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) diminta untuk memperkuat koordinasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Para Konsultan Regional dan Konsultan On Granting yang tergabung dalam proyek IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) diminta untuk memperkuat koordinasi. Agar semua tujuan kegiatan bisa dicapai. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat IPDMIP, Sabtu (4/7/2020). Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, kehadiran konsultan pada proyek IPDMIP sangat penting.

“Proyek IPDMIP bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan juga menyejahterakan petani. Untuk itu perlu mendampingan dari tenaga-tenaga ahli agar tujuan tersebut tercapai. Inilah peran yang harus dilakukan para konsultan,” tuturnya.

( )

IDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menerangkan, IPDMIP mempunyai tujuan untuk meningkatkan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

“Salah satu aspek terpenting dalam pertanian adalah ketersediaan air. Lewat IPDMIP, produktivitas dan nilai pertanian akan ditingkatkan dengan cara irigasi berkelanjutan. Agar tidak ada kendala teknis di lapangan, kita berharap Konsultan On Granting bisa segera ke lapangan,” katanya.

Dedi pun meminta para konsultan untuk segera melengkapi syarat administratif seperti penanda tangan kontrak dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas yang akan dikirim kepada para konsultan. Surat tersebut harus segera dikirim kembali ke NPIU baik secara elektronik maupun fisik.

( )

Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Pertanian BPPSDMP Kementan Leli Nuryati, berharap semua yang tergabung dalam IPDMIP memiliki visi yang sama, tujuan yang sama, yaitu meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani di daerah irigasi proyek IPDMIP.

Leli juga meminta para konsultan meningkatkan sinergi dengan semua unsur terkait dalam kegiatan IPDMIP, baik di pusat, daerah, antar kelembagaan dan juga antar institusi yang terkait IPDMIP.

“Kita berharap kegiatan ini dapat ditingkatkan kinerjanya. Pelajaan masa lalu yang mungkin perlu kita perbaiki, segera perbaiki. Pelajaran masa lalu yang sudah baik, tingkatkan lagi. Ini memerlukan koordinasi dan kerjasama yang baik,” terang Leli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)