Warganet Ragukan Keamanan Data Face Recognition di Stasiun KA, Begini Respons KAI

Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:16 WIB
loading...
A A A
Meski banyak netizen yang mempertanyakan keamanan data dari layanan tersebut, tak sedikit juga yang mengapresiasi inisiatif KAI dalam memudahkan penggunanya.

"Memang keren. Kurun waktu 9 tahun (2013 -> 2022). PT KAI bisa berubah dari vrindavan menuju masa depan," tulis salah satu akun yang mengapresiasi inovasi KAI.

"Semakin keren nih," tulis akun lainnya.



Menanggapi keamanan data pada fasilitas layanan Face Recognition tersebut, VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir terkait keamanan datanya.

Pasalnya, KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan.

"Masyarakat juga tidak perlu khawatir terkait keamanan datanya karena KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan," tuturnya.

Sementara itu, akun resmi @KAI121 juga menuliskan hal senada. "Data penumpang aman dan hanya dipergunakan untuk kepentingan boarding ya Kak. KAI juga mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan telah memiliki sertifikat ISO 27001.|1," tulis akun resmi KAI.

Lebih lanjut, KAI menjelaskan bahwa bagi penumpang yang tidak bersedia menggunakan fasilitas Face Recognition nantinya masih dapat boarding secara manual.

Sebelumnya, Joni Martinus mengatakan, Face Recognition Boarding Gate tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)