Kalog Kenalkan Layanan Ramah Lingkungan di ARCEOs' Conference

Jum'at, 06 September 2024 - 17:18 WIB
loading...
Kalog Kenalkan Layanan...
PT Kereta Api Logistik perkenalakan layanan ramah lingkungan di forum internasional. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) memperkenalkan layanan ramah lingkungan kepada para delegasi perusahaan kereta api di Asia Tenggara dalam gelaran ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44, Bandung, Jawa Barat.

"Dalam mempromosikan inovasi dan layanan kereta api, KAI Logistik juga turut memperkenalkan layanan khususnya layanan unggulan seperti angkutan limbah B3, hingga pengelolaan batu bara menggunakan infrastruktur modern yang ramah lingkungan. Dua layanan ini sejalan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan yang juga selaras dengan tema ARCEOs’ tahun ini," kata VP of Corporate Secretary KAI Logistik Dwi Wulandari dalam pernyataannya, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga: KAI Siap Sukseskan ARCEOs Conference 2024

Penyelenggaraan ARCEOs’ Conference yang mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation" diikuti oleh delapan operator kereta se-Asia Tenggara yakni Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

Lebih lanjut, layanan logistik pengelolaan batu bara memanfaatkan infrastruktur yang telah dimodernisasi, berupa conveyor belt system yang diintegrasikan dengan shiploader untuk pemuatan batu bara ke tongkang. Adapun pemuatan batubara dapat dilakukan dalam waktu hanya 5-6 jam yang sebelumnya membutuhkan waktu hingga 30 jam menggunakan dump truck.

Selain mengedepankan efisiensi waktu, ujar dia, layanan ini juga mendukung keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang sebelumnya dihasilkan oleh dump truck dalam kegiatan operasional.

Menurut dia inisiatif tersebut juga mendapatkan apresiasi dalam gelaran TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh TOP Business, di mana KAI Logistik berhasil memperoleh penghargaan kategori TOP CSR Awards 2024 on Stars 4 serta kategori Top Leader on CSR Commitment 2024.

Sedangkan pada layanan angkutan limbah B3, KAI Logistik memperkenalkan keunggulan layanan Limbah B3 menggunakan moda kereta api di antaranya kecepatan waktu, jaminan keamanan dan keselamatan, penerapan prosedur yang ketat, pengawalan hingga pemeriksaan di 4 titik untuk memastikan keamanan termasuk risiko kebocoran muatan. Angkutan limbah B3 juga telah mengantongi izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Perhubungan.

"KAI Logistik sangat bangga dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan tentu menjadi momen yang sangat baik dalam memperkenalkan seluruh layanan termasuk layanan unggulan yang sejalan dengan konsep ESG," kata dia.

Baca Juga: Digelar di Bandung, ARCEOs ke-44 Bakal Kembangkan Kereta Api di ASEAN

Tidak hanya angkutan limbah B3 dan infrastruktur modern dalam pengelolaan batu bara, KAI Logistik juga memperkenalkan layanan digital kurir berbasis aplikasi KAI Logistik TRAX yang mengedepankan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan.

Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat melakukan pemesan, permintaan penjemputan paket, cek tarif, mengetahui lokasi service point, melakukan real time tracking hingga pembayaran secara digital.

Dalam ARCEO's Conference 2-5 September 2024, selain mengambil peran dalam mendukung kelancaran mobilisasi logistik seluruh delegasi selama penyelenggaraan berlangsung, KAI Logistik juga memperkenalkan total layanan tiga segmentasi produk di antaranya Kalog Express, Kalog Plus dan KALOG Pro dengan ragam layanan mulai dari skala kecil hingga skala besar.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)