Inflasi Global jadi Ancaman Serius Bagi Indonesia, Nasib Rupiah Gimana?

Minggu, 09 Oktober 2022 - 19:23 WIB
loading...
Inflasi Global jadi Ancaman Serius Bagi Indonesia, Nasib Rupiah Gimana?
Inflasi pangan dan energi berpotensi mendorong pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Inflasi tinggi yang terjadi di sejumlah negara di dunia bisa menjadi sebuah ancaman serius untuk Indonesia sehingga harus diantisipasi.

Ekonom sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, saat ini saja sudah lebih dari 30 negara yang melakukan proteksi terhadap ekspor pangan untuk mengamankan stok pangan dari ancaman krisis.

Sebagian negara bahkan sudah masuk menjadi failed states atau negara gagal akibat inflasi pangan seperti Srilanka.

"Transmisi inflasi global juga mulai dirasakan ke Indonesia dengan naiknya harga BBM jenis subsidi sebesar 30% dan mendorong inflasi tertinggi sejak 2014," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu (9/10/2022).

Baca juga: Tren Inflasi Tinggi Bakal Bikin Masyarakat Pilih Ngopi di Rumah Daripada ke Kafe

Jika inflasi pangan dan inflasi energi digabungkan, lanjut Bhima, maka berpotensi mendorong pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Proyeksinya gabungan inflasi pangan, inflasi energi dan pelemahan kurs rupiah sebabkan rupiah melemah ke level 16.000 per dolar AS," tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah pejabat publik mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap ketidakpastian global dan resesi ekonomi yang menimpa sejumlah negara di dunia. Pasalnya, tantangan tersebut diperkirakan akan segera menghantam Indonesia.

Pemerintah bahkan menyiapkan sejumlah langkah ekstra dalam mengantisipasi tekanan dan dampak inflasi global terhadap ekonomi Indonesia. Hal ini demi mengembalikan target inflasi ke rentang 3%-5%.

Baca juga: Rupiah Tembus Rp15.200 saat Utang Capai Rp6.086 Triliun, Apa Kata BI?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2743 seconds (11.97#12.26)