Ketergantungan Eropa ke Rusia, Rogoh Rp1.485 Triliun Buat Impor Migas hingga Batu Bara

Senin, 10 Oktober 2022 - 11:26 WIB
loading...
A A A
"Ketika eropa mencoba membatasi harga dan menekan impor dari Rusia, penting bagi negara-negara Eropa untuk mempercepat peralihan dari bahan bakar fosil ke energi bersih. Tahun ini telah mengungkapkan ketergantungan pada bahan bakar fosil sebagai keamanan nasional yang mendasar dan kerentanan ekonomi," kata analis utama Crea, Lauri Myllyvirta.

Pembelian minyak India dan China juga telah mengimbangi sebagian besar penurunan pengiriman Rusia ke Eropa, ungkap analisis Financial Times baru-baru ini. Data yang ada menunjukkan, pertumbuhan volume terbesar berasal dari India.

Mesir, yang bergantung pada pengiriman biji-bijian dari Rusia dan Ukraina, juga muncul sebagai pembeli yang signifikan, berdasarkan laporan crea. Ini bertentangan dengan statusnya sebagai negara tuan rumah untuk KTT perubahan iklim PBB berikutnya.

Negara ini menjadi importir bahan bakar fosil terbesar berikutnya sejak perang Ukraina di belakang UE, China, Turki, India, Korea Selatan, dan Jepang.

Impor minyak Mesir memuncak pada bulan Juli, naik dari hampir nol sebelum invasi, kata Crea. Mirip dengan India, minyak Rusia yang diekspor ke Mesir sering diekspor kembali ke tempat lain.

Pada pertengahan September, Komisi Eropa menerbitkan panduan baru bahwa transfer barang-barang tertentu, termasuk batu bara, dari Rusia ke negara ketiga "harus diizinkan untuk memerangi kerawanan pangan dan energi di seluruh dunia."

Larangan impor uni eropa untuk batu bara Rusia dimulai pada 10 Agustus, setelah periode penutupan selama empat bulan. Namun, Crea mencatat bahwa negara-negara anggota UE gagal menegakkan ketentuan dalam larangan kapal milik UE mengangkut batu bara dari Rusia ke negara ketiga.

Tetapi ekspor batu bara Rusia telah mendapatkan kembali sekitar setengah dari hilangnya pasar UE, saat Turki dan India mengambil lebih banyak batu bara. India hampir tidak mengimpor bahan bakar fosil dari Rusia sebelum invasi.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)