Erick Thohir Beberkan 4 Kunci Agar Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5% hingga 2045

Senin, 10 Oktober 2022 - 14:29 WIB
loading...
Erick Thohir Beberkan 4 Kunci Agar Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5% hingga 2045
Menteri BUMN Erick Thohir mempunyai 4 cara yang bisa dilakukan agar pertumbuhan makro ekonomi nasional mampu bertahan di level 5% setiap tahunnya hingga pada 2045. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Optimis pertumbuhan makro ekonomi nasional akan bertahan di level 5% setiap tahunnya hingga pada 2045. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan, ada empat aspek yang dilakukan pemerintah.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Kunci Utama Indonesia Jadi Negara Maju

Adapun keempat aspek tersebut adalah hilirisasi sumber daya alam (SDA), sektor pangan dan perikanan, ekonomi digitalisasi, hingga ekonomi dan keuangan syariah.

Pertumbuhan ekonomi kita 5 persen setiap tahun sampai 2045 adalah angka yang wajar, tapi tidak mudah bahwa bagaimana dengan kondisi dunia yang terombang-ambing justru kita punya potensi yang terus tumbuh. Kalau kita bisa fokus kepada empat pertumbuhan ekonomi yang kita bisa dorong bersama-sama,” ungkap Erick melalui akun instagram, Senin (10/10/2022).

Terkait hilirisasi sumber daya alam , Erick Thohir memastikan, bahan baku atau raw material akan diprioritaskan untuk Industri dalam negeri. Sehingga, ekspor SDM akan ditekan pemerintah.

Baca Juga: Jamu Kuat Erick Thohir Tangkal Resesi, Ini Resepnya

Erick mencatat bahan baku dalam negeri yang diekspor dan diperuntukkan bagi industri asing hanya mendorong pertumbuhan ekonomi negara lain. Karena itu, dia memastikan saatnya Indonesia melakukan hilirisasi bahan baku SDA.

“Satu bagaimana sekarang kita harus memastikan sumber daya alam kita dapat di hilirisasi dan di industrialisasi di Indonesia kita sudah waktunya bahwa sumber daya kita raw material kita tidak boleh dikirim mentah-mentah seperti yang dahulu,” tuturnya.

Untuk sektor pangan, pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Potensi SDA yang dimiliki Indonesia memungkinkan ambisi pemerintah bisa terwujud.

“Pertumbuhan lain yang kita harapkan bagaimana kita menjadi lumbung pangan dunia. Kelautan kita merupakan ekonomi yang hari ini masih belum mencapai potensinya,” katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1513 seconds (10.177#12.26)