SPBU Vivo Ingin Jual BBM RON 90 Setara Pertalite, Ini Respons Pertamina

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:34 WIB
loading...
SPBU Vivo Ingin Jual BBM RON 90 Setara Pertalite, Ini Respons Pertamina
SPBU Vivo memberikan sinyal bakal menjual BBM RON 90 setara Pertalite dan menghapus bahan bakar jenis Revvo 89 dari pasar. Begini respons Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - SPBU Vivo memberikan sinyal bakal menjual BBM RON 90 setara Pertalite dan menghapus bahan bakar jenis Revvo 89 dari pasar. Rencana yang akan diterapkan oleh PT Vivo Energy Indonesia selaku operator SPBU Vivo sebagai langkah mematuhi aturan pemerintah agar tidak ada lagi BBM beroktan rendah di pasaran.



Pemerintah sendiri telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada 31 Desember 2022. Menanggapai hal tersebut, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niag,a Irto Ginting mengungkapkan, bahwa bahan bakar minyak alias BBM jenis Pertalite merupakan jenis bahan bakar khusus penugasan yang dimana penugasan tersebut dilakukan oleh regulator.

"Pertalite adalah jenis bahan bakar khusus penugasan (JBKP), yang merupakan penugasan yang diberikan oleh regulator," kata Irto kepada awak media, Senin (10/10/2022).



Bensin pertalite itu sendiri memiliki kandungan oktan 90 atau RON 90 dibanding Revvo 89 dengan oktan 89. Sementara itu Kementerian ESDM membenarkan, kabar jika SPBU Vivo akan menjual BBM RON 90 atau setara Pertalite seperti yang dijual PT Pertamina (Persero).

Saat ini, BBM kualitas terendah yang dijual SPBU Vivo adalah RON 89 dengan nama Revvo 89. "RON 90. Iya," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Kementerian ESDM, Maompang Harahap

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Kementerian ESDM, Maompang Harahap mengamini bahwa SPBU VIVO akan menjual BBM jenis Ron 90.

"RON 90. Iya," Maompang kepada awak media, Jumat (7/10/2022).

Meski seimbang dengan bensin Pertalite, dia memastikan jika BBM RON 90 itu tidak mendapat subsidi dari pemerintah seperti layaknya RON 90 milik Pertamina.

"Tidak ada subsidi ya," katanya.

Sebagaimana diketahui, PT Vivo Energy Indonesia yang merupakan operator SPBU Vivo memutuskan, tidak menjual lagi BBM jenis Revvo 89 dari pasar.

"Untuk mematuhi kebijakan pemerintah, PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil langkah‐langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," mengutip keterangan PT Vivo Energy Indonesia.

Sebelumnya Vivo telah menaikan harga BBM jenis Revvo 89 yang memiliki kadar oktan (RON) 89, dari sebelumnya R 8.900 per liter menjadi Rp10.900 per liter. Menurut pihak manajemen Vivo, Revvo 89 merupakan produk BBM yang tidak bersubsidi dan harga BBM internasional telah sangat bergejolak belakangan ini.

"Harga jual ditentukan oleh harga BBM internasional serta peraturan lokal tentang formula harga jual maksimum," jelas perusahaan.

Dikatakan jika perubahan harga adalah keputusan komersial untuk mematuhi regulasi dan perubahan pasar. BBM Vivo jenis Revvo 89 sempat jadi buruan masyarakat karena harganya dinilai lebih murah dari harga Pertalite.

Sebelumnya SPBU Vivo mencuri perhatian setelah menjual murah BBM saat harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax mengalami kenaikan. Dampaknya BBM bensin Vivo Revvo 89 yang dijual seharga Rp8.900 per liter diserbu oleh konsumen.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)