Wall Street Jatuh Disulut Serangan Amerika Terhadap Industri Chip China

Selasa, 11 Oktober 2022 - 07:12 WIB
loading...
Wall Street Jatuh Disulut Serangan Amerika Terhadap Industri Chip China
Wall Street jatuh pada penutupan perdagangan waktu setempat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street atau bursa saham Amerika Serikat jatuh pada penutupan perdagangan Senin (10/10/2022), dengan Nasdaq mencatatkan penutupan terendah sejak Juli 2020. Investor khawatir tentang dampak suku bunga yang lebih tinggi dan menarik diri dari pembuat chip setelah Amerika Serikat mengumumkan pembatasan yang bertujuan melumpuhkan industri semikonduktor China.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (DJI) turun 93,91 poin atau 0,32% menjadi 29.202,88, S&P 500 (SPX) kehilangan 27,27 poin atau 0,75% menjadi 3.612,39, dan Nasdaq Composite (IXIC) turun 110,30 poin atau 1,04% menjadi 10,542,10.

Sebelumnya Wakil Ketua Federal Reserve Lael Brainard mengatakan, kebijakan moneter AS yang lebih ketat mulai terasa terhadap ekonomi yang mungkin melambat lebih cepat dari yang diharapkan, namun beban penuh kenaikan suku bunga Fed masih belum terlihat selama berbulan-bulan.

Terlepas dari kekhawatiran yang berkembang bahwa kenaikan suku bunga The Fed dapat meningkatkan pengangguran, Presiden Fed Chicago Charles Evans terus mendukung upaya bank sentral untuk menurunkan inflasi, dengan mengatakan meskipun kedengarannya optimistis, dia yakin bisa dilakukan sambil menghindari resesi.

"Orang-orang khawatir tentang ekonomi. Orang-orang khawatir tentang kemungkinan resesi," kata Jake Dollarhide, CEO Longbow Asset Management di Tulsa, Oklahoma, dikutip dari Reuters, Selasa (11/10/2022).

Indeks Philadelphia SE Semiconductor (SOX) turun 3,5% setelah pemerintahan Biden menerbitkan rangkaian kontrol ekspor pada hari Jumat, termasuk langkah untuk memotong China dari chip semikonduktor tertentu yang dibuat di mana saja di dunia dengan peralatan AS.

Saham Nvidia Corp (NVDA.O) turun 3,4%, sementara Qualcomm Inc (QCOM.O), Micron Technology Inc (MU.O) dan Advanced Micro Devices (AMD.O) juga berakhir lebih rendah. Investor juga berhati-hati menjelang musim pendapatan kuartal ketiga AS, yang akan dimulai pada hari Jumat dengan hasil dari beberapa bank besar.

Perkiraan untuk pendapatan kuartal ketiga telah turun dalam beberapa pekan terakhir. Analis sekarang memperkirakan pendapatan tahun-ke-tahun untuk perusahaan S&P 500 telah meningkat 4,1% pada kuartal tersebut, dibandingkan dengan peningkatan 11,1% yang diharapkan pada awal Juli, menurut data IBES dari Refinitiv.



Saham Microsoft (MSFT.O) turun 2,1% dan merupakan salah satu hambatan terbesar di tiga indeks utama. Teknologi S&P 500 (SPLRCT) memimpin penurunan sektor bersama dengan energi (SPNY).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)