Soal Ekspor Barang Tambang, Ini Pesan Jokowi untuk Presiden Selanjutnya

Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:20 WIB
loading...
Soal Ekspor Barang Tambang, Ini Pesan Jokowi untuk Presiden Selanjutnya
Jokowi meminta pemimpin selanjutnya untuk konsisten tak mengekspor barang tambang mentah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memilliki pesan terhadap presiden yang akan menggantikannya nanti. Jokowi meminta agar konsisten tidak lagi mengekspor barang mentah, terutama tambang , meskipun akan menghadapi berbagai tantangan.



"Siapa pun nanti pemimpin, presiden, konsistensi harus kita jaga dan terus kita tingkatkan. Jangan kembali lagi ekspor mentah. Hati-hati, kita semua harus mengingatkan, meskipun kita digugat. Kalau digugat dan kita mundur lagi, kapan kita bisa menikmati komoditas-komoditas dan kekayaan yang dimiliki oleh kita," kata Jokowi dalam sambutannya pada acara Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Munas XI Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) di Balai Sarbini Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Jokowi juga menyinggung sejumlah keberhasilan lain yang dicapai pemerintahannya. Salah satunya keberhasilan merebut sepenuhnya Blok Rokan dari perusahaan asing.

"Untuk Blok Rokan ini minyak dan gas yang sudah 97 tahun dikuasai oleh Chevron, sekarang juga sudah 100% dimiliki oleh kita sendiri," kata Jokowi.

Jokowi pun berencana mengecek ke Blok Rokan. Dirinya Ingin mengetahui produksi dan income usai diambil alih oleh Indonesia.



"Saya yakin sekarang anak-anak muda kita, SDM-SDM kita, saya merasa sudah siap dalam pengambilalihan. Ini akan terus kita lakukan sehingga target dari yang sudah kita itung nanti di tahun 2030-an, Indonesia akan masuk nomor 7 GDP yang paling besar dunia. Dan pada saat Indonesia Emas itungan kita sudah masuk ke-4 besar atau 5 besar ekonomi dunia. Asal konsistensi ini terus kita jaga," ungkapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)