Luhut Ungkap Posisi Danau Toba di Antara 5 Destinasi Wisata Super-Prioritas

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 07:15 WIB
loading...
Luhut Ungkap Posisi Danau Toba di Antara 5 Destinasi Wisata Super-Prioritas
indeks pariwisata Danau Toba menjadi yang terendah dibanding destinasi wisata super-prioritas lainnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, nilai indeks pariwisata Danau Toba merupakan lima terendah dibandingkan dengan empat destinasi pariwisata super-prioritas lainnya.Keempat destinasi wisata super-prioritas itu adalah Borobudur (Magelang, Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara)

Baca juga: Rayakan HUT Ke-10 SMA Unggul Del, Luhut: Pemerintah Komitmen Majukan Pendidikan di Indonesia

"Dari lima destinasi pariwisata super-prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah, nilai indeks pariwisata berkualitas Danau Toba paling rendah dibandingkan dengan empat destinasi pariwisata super-prioritas lainnya," tulis Luhut dalam akun instagramnya, @luhut.pandjaitan dikutip, Sabtu (15/10/2022).

Luhut mengatakan, dengan hasil tersebut, peningkatan indikator pariwisata berkualitas di Danau Toba harus dilakukan untuk dapat menjadi destinasi prioritas yang lebih baik. Upaya itu juga untuk pagelaran kompetisi F1H20 pada tahun 2023 mendatang, karena lokasi pagelaran tersebut berada di Danau Toba.

Luhut pun meminta untuk segala persiapan yang berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas penunjang lain dipersiapkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan daya tarik wisata.

"Karenanya, saya meminta kepada seluruh kementerian, lembaga dan Forkompimda terkait untuk fokus dan dapat bekerja sama dengan baik dalam menuntaskan pekerjaan besar ini," tulisnya.

Dengan adanya gelaran kompetisi tersebut, Luhut mengatakan, nantinya akan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi daerah dan masyarakat lokal sekitar destinasi wisata. Kompetisi kelas dunia itu akan dilangsungkan di Danau Toba dan akan menjadi ajang F1H20 pertama yang diselenggarakan di danau vulkanik terbesar di dunia.

Baca juga: Dijaga Polisi Bersenjata Lengkap, Apin BK Dibawa ke Bareskrim Polri

F1H20 merupakan kejuaraan dunia power boat terkemuka yang sudah terselenggara di 39 negara sejak tahun 1984. Beberapa negara yang telah menjadi tuan rumah kejuaraan F1H20, antara lain Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, dan Cina.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2497 seconds (10.101#12.26)