Enggak Cuma Investor Besar, Otorita IKN Siap Gelar Karpet Merah Bagi UMKM

Rabu, 19 Oktober 2022 - 20:38 WIB
loading...
Enggak Cuma Investor Besar, Otorita IKN Siap Gelar Karpet Merah Bagi UMKM
Sedikit berbeda dari investor, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi menjelaskan, karpet merah yang diberikan oleh otorita berupa dukungan kepada pelaku UMKM . Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otorita IKN ( Ibu Kota Nusantara ) siap memberikan karpet merah untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya. Tidak hanya memberikan beragam insentif bagi para investor besar yang ingin menanamkan modalnya di Ibu Kota baru, namun pelaku usaha kecil juga jadi perhatian Otorita IKN.



Sedikit berbeda dari investor, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi menjelaskan, karpet merah yang diberikan oleh otorita berupa dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dan mendapatkan pasar baru pada sebuah ekosistem kota baru.

"Bagi saya penguatan ini akan diberikan dan saya berharap karpet merah UMKM akan kita siapkan," kata Ali Berawi dalam diskusi virtual dikutip Kanal YouTube Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (19/10/2022).



Menurutnya saat ini jumlah enterpreneur di Tanah Air masih cukup rendah, bahkan datanya Indonesia hanya mempunyai sekitar 3% enterpreneur dari total populasi. Padahal enterpreneur ini yang menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Sedangkan Malaysia sudah 5% (enterpreneur), Singapura sudah 9%, IKN akan mendukung sangat total, perkembangan penguatan UMKM di IKN," sambungnya.

Ali memaparkan, rencana pembangunan IKN Nusantara kedepan adalah sebagai kota cerdas, sehingga diharapkan para pelaku UMKM di IKN nantinya bisa memanfaatkan teknologi yang lebih baik.

"Mereka akan naik kelas dengan pemanfaatan teknologi terkini dan teknologi digital, bagiamana menghasilkan produk mempunyai nilai tambah, ini akan kita arahkan ke sana sehingga UMKM kita bisa meningkatan porsi ekspor," kata Ali Berawi.

"Filosofi pembangunan kita perkuat teknologi digital, selain naik kelas dengan pemanfaatan teknologi digital, tetapi bisa menciptakan produk-produk jadi bernilai tambah, kita akan kesana," pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)