Ajang KTT G20 Bakal Berdampak Positif buat Ekonomi Nasional

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 21:05 WIB
loading...
Ajang KTT G20 Bakal Berdampak Positif buat Ekonomi Nasional
KTT G20 akan membawa dampak ekonomi yang besar buat Indonesia. Foto/Kemenkeu
A A A
JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 -Bali membawa dampak yang besar bagi perekonomian nasional. Ekonom Universitas Udayana Bali, I Nyoman Mahaendra Yasa, mengatakan penyelenggaraan KTT G20 mampu membangkitkan ekonomi Indonesia , khususnya Bali pasca-pandemi.



“Rangkaian kegiatan KTT G20 mendongkrak ekonomi Bali dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dapat pulih,” kata I Nyoman Mahaendra Yasa dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (21/10/2022).

Menurut Mahaendra, rangkaian kegiatan Presidensi G20 mendatangkan banyak warga negara asing, baik para wisatawan, media maupun para delegasi yang menjadi subyek pelaku bagi wisata Bali. “Rangkaian kegiatan membuat banyak warga negara asing datang ke Bali sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak maupun devisa negara,”ucap Mahaendra.

Mahaendra beranggapan bahwa sebagai anggota forum G20 dan juga Presedensi G20 saat ini, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju.

“G20 telah memacu OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak untuk mengakhiri penghindaran pajak,” kata Mahaendra.

Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik dalam menyelesaikan perekonomian nasional. Selain itu, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini.

Di sisi lain, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemprov Bali Gede Pramana mengatakan, perhelatan KTT G20 di Bali akan membawa angin segar bagi masyarakat Bali untuk memulihkan ekonominya pasca-pandemi Covid-19. Masyarakat Bali bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk kembali membuka pariwisata kepada masyarakat global.



“Pendukung utama perekonomian Bali adalah pariwisata. Maka Presidensi G20 Indonesia makin membuka dan memberikan optimisme untuk memacu kembali ekonomi usai hantaman pandemi,” tutup Gede Pramana.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)