5 Pengusaha Hotel Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Paling Tajir di Bumi Pertiwi

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:00 WIB
loading...
A A A
2. Keluarga Hartono

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono adalah dua bersaudara yang selalu disebut-sebut sebagai orang terkaya di Indonesia. Duo pemilik Grup Djarum ini juga masuk dalam kelompok 70 orang kaya dunia.

Berdasarkan data Forbes, nilai kekayaan Robert Budi Hartono mencapai USD22,8 miliar atau setara Rp342 triliun (kurs mengikuti yang di atas). Sementara Michael Hartono mengantongi kekayaan sekitar USD21,9 miliar atau setara Rp328,5 triliun.

Dua mesin uang utama kakak beradik ini adalah PT Djarum dan Bank BCA. Grup Djarum mulai masuk ke bisnis hotel pada 2004 dengan memenangi lelang pengelolaan hotel Indonesia yang sekarang bernama Hotel Indonesia Kempinski.

Sejak itu Grup Djarum mulai menambah sejumlah hotel yang disebut-sebut merupakan milik mereka. Di antaranya, Padma Hotel Bandung, Padma Resort Legian, Padma Resort Ubud, dan The Resinda Karawang.

5 Pengusaha Hotel Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Paling Tajir di Bumi Pertiwi


3. Peter Sondakh

Menurut Forbes, Bos Rajawali Corpora ini memiliki kekayaan sekitar USD1,8 miliar atau setara Rp27 triliun. Sumber kekayaannya berasal dari sejumlah bisnis, seperti pertambangan dan infrastruktur dan juga perkebunan sawit.

Melalui Grup Rajawali Property yang didirikan pada tahun 1989, Peter Sondakh kini menggenggam sejumlah hotel. Di antaranya, St. Regis Bali Resort, The Laguna Resort and Spa, , Four Season Jakarta, The Westin Langkawi, dan St. Regis Langkawi. Nama yang terakhir merupakan sebuah resort bintang lima yang belokasi di Kedah, Malaysia. Penginapan ini dijuluki sebagai "Permata Kedah".

5 Pengusaha Hotel Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Paling Tajir di Bumi Pertiwi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9191 seconds (0.1#10.140)