5 Pengusaha Hotel Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Paling Tajir di Bumi Pertiwi

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:00 WIB
loading...
5 Pengusaha Hotel Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Paling Tajir di Bumi Pertiwi
Pullman Hotel Hanoi milik Ciputra Group. Foto/Ciputra
A A A
JAKARTA - Siapakah pengusaha hotel paling tajir tapi tak melintir di Tanah Air? Kalau hanya melihat seorang konglomerat tajir di Tanah Air kemudian punya hotel barang dua biji apalagi sebiji lantas menyebutnya sebagai pengusaha hotel terkaya di Indonesia, ya repot. Pasalnya, bisa jadi kekayaannya bukan bersumber dari bisnis hotel itu, tetapi yang lainnya.

Baca juga: Suara Pengusaha Hotel dan Resto Saat PPKM Level 2 DKI Jakarta dan Munculnya Omicron

Makanya, secara gampang, ukuran untuk menentukan pengusaha hotel terkaya di Indonesia adalah jumlah hotel dan kemewahan hotelnya. Banyaknya fulus yang dimiliki menjadi pelengkap untuk penentuan predikat.

Kalau ukurannya seperti itu, maka ini dia deretan pengusaha hotel paling tajir di Tanah Air yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Keluarga Ciputra

Ciputra Group didirikan oleh Almarhum Dr. (HC) Ir. Ciputra beserta keluarga memulai usahanya lebih dari 40 tahun yang lalu. Almarhum Ciputra merupakan pengusaha tulen di bisnis properti, dan juga perhotelan. Proyek pertama yang dikembangkan Ciputra Group adalah Citra Garden City Jakarta (1984).

Di tahun 1993 PT Citra Habitat Indonesia (nama sebelum Ciputra Group) menggarap proyek hotel pertamanya yang dipadukan dengan pusat perbelanjaan, yakni Mal dan Hotel Ciputra Jakarta. Sejak itu, perlahan tapi pasti proyek-proyek properti dan hotel Ciputra terus menjamur ke berbagai wilayah di Indonesia, bahkan manca-negara.

Lewat brand Citradream Hotel, Ciputra membangun sejumlah hotel di berbagai kota di Indonesia. Tak kurang dari 12 hotel berserak dari Jakarta hingga Banjarmasin.

Malahan, Ciputra juga punya hotel mewah di Hanoi, Vietnam. Hotel bernama Pulla Hotel Hanoi itu memiliki jumlah kamar mencapai 240 kamar. Hotel mewah Ciputra lainnya ada di Jakarata yairu, Rafles Ciputra World 1 Jakarta dengan jumlah kamar mewah sebanyak 173 unit.

Meski menyandang pengusaha hotel terkaya di Indonesia, namun keluarga Ciputra bukan orang tersugih di bumi pertiwi. Mengutip Forbes real time networth, keluarga Ciputra mengantong kekayaan sekitar USD1,1 miliar atau Rp16,5 triliun (kurs Rp15.000) dan duduk di posisi 26 sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2021. Jumlah kekayaannya masih jauh di bawah Robert dan dan Bambang Hartono dan juga Chairul Tanjung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2199 seconds (10.55#12.26)