Pupuk Kaltim Terus Berkomitmen Mendukung ESG

Minggu, 23 Oktober 2022 - 12:13 WIB
loading...
Pupuk Kaltim Terus Berkomitmen Mendukung ESG
PKT berkomitmen menjalankan bisnis dan proses produksi yang memprioritaskan prinsip-prinsip ESG. Foto/PKT
A A A
JAKARTA - Investasi environmental, social and governance ( ESG ) mengalami peningkatan drastis sejak 2016. Bahkan di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG.

Baca juga: Selera Investor Berubah, Produk Berbasis ESG Banyak Disukai

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pun selalu berinisiatif untuk memegang teguh prinsip ESG yang juga tertuang dalam roadmap pertumbuhan kedua perusahaan 40 tahun ke depan. Upaya PKT mewujudkan transformasi industri hijau petrokimia yang berfokus pada pengembangan renewable resources mampu mendukung komitmen Indonesia net zero emission di 2060.

Komitmen penerapan ESG ini pun diganjar dengan raihan penghargaan dari TrenAsia di gelaran TrenAsia ESG Excellence 2022 yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022. Di ajang tersebut, PKT meraih penghargaan Trenasia ESG Excellence 2022 untuk industri petrokimia kategori Action.

TrenAsia ESG Excellence 2022 menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Penilaian dilakukan oleh jajaran pakar dari berbagai latar belakang bidang. Mereka adalah Michael T. Tjoajadi (CEO Schroders Indonesia), Arsjad Rasjid (Chairman Kadin Indonesia), Mas Achmad Daniri (Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi/KNKG), Edi Setijawan (Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan/OJK)), Maria Rosaline Nindita Radyati (President Director Institute for Sustainability & Agility, dan Adhitya Noviardi (Editor in Chief TrenAsia.com).

Rahmad Pribadi, Direktur Utama PKT, mengatakan komitmen untuk menjalankan bisnis dan proses produksi yang memprioritaskan prinsip-prinsip ESG sudah menjadi fondasi utama perusahaan. Ke depannya, lewat ragam inovasi, PKT akan terus fokus mengembangkan hilirisasi industri petrokimia yang berbasis renewable resources guna mencapai dominasi pasar di Asia Pasifik.

Pupuk Kaltim Terus Berkomitmen Mendukung ESG

Pupuk Kaltim raih penghargaan atas komitmennya mendukung ESG. Foto/Ist

"Dan usaha ini tentunya tidak hanya dilakukan secara mandiri oleh perusahaan, tapi juga turut mengajak masyarakat dan komunitas serta organisasi di Indonesia untuk melakukan kegiatan yang mendukung ESG," kata Rahmad, dalam keterangannya, Minggu (23/10/2022).

Berbagai inovasi berkelanjutan dalam koridor ESG pun sudah diinisiasi oleh PKT untuk mewujudkan komitmen perusahaan dalam transformasi hijau. Ada pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di Bontang, Kalimantan Timur, yang turut menekan penggunaan karbon di daerah perusahaan. PLTS Atap merupakan salah satu bagian dari ekosistem di lingkungan PKT yang mampu menghasilkan energi bersih dan menekan emisi gas karbon secara optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)