Pasar Saham Menurun, Bursa Kripto Ini Dapat Izin Operasi di 7 Negara

Senin, 24 Oktober 2022 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Kehadiran bursa akan berperan untuk mengawasi perdagangan aset kripto. Adanya bursa juga akan menghadirkan kliring, dan medium penyimpanan aset.

Lembaga tersebut akan berfungsi untuk memastikan pencatatan aset kripto yang akurat, memastikan dana nasabah aman, dan juga akan tersedianya tempat penyimpanan aset kripto.



Sementara itu di dunia, Binance yang mengklaim sebagai bursa kripto terbesar berdasarkan volume, pada tahun ini terus memperluas operasinya di berbagai negara dan kawasan seperti Timur Tengah dan Eropa.

Terlepas dari kondisi pasar saham yang menurun (bear market) pada tahun 2022, pemerintah dari beberapa negara telah memberikan izin bagi Binance untuk beroperasi di negara mereka. Dikutip dari cryptotvplus.com, berikut ini 7 negara yang memberikan lisensi bagi Binance pada tahun 2022:

1. Prancis
Pada 5 Mei 2022, Binance France menerima registrasi sebagai Penyedia Layanan Aset Digital (DASP) oleh Autorité des marchés financiers (AMF) dengan persetujuan dari Autorité de Contrôle Prudentiel et de Résolution (ACPR). Ini adalah pertama kalinya perusahaan kripto mendapat lisensi untuk beroperasi di negara Eropa.

AMF dan ACPR merupakan organisasi di Prancis yang mengatur pasar keuangan Prancis dan memantau "bank dan perusahaan asuransi". Menurut tim Binance, izin tersebut menjadikan Binance France sebagai badan hukum di Prancis.

2. Bahrain
Pada 24 Mei 2022, Binance Bahrain menerima lisensi Kategori 4 sebagai penyedia layanan aset kripto (CASP) dari Bank Sentral Bahrain (CBB). Lisensi Kategori 4 ini merupakan yang pertama diberikan untuk perusahaan kripto di Bahrain.

3. Italia
Binance Italy menerima persetujuan regulasi oleh pemerintah Italia untuk beroperasi di negara tersebut. Diberikan pada 27 Mei 2022, persetujuan ini menjadikan Binance Italy “Penyedia Layanan Mata Uang Kripto dengan 'Organismo Agenti e Mediatori' (OAM)."

4. Spanyol
Binance mengumumkan bahwa anak perusahaan Binance Spanish, Moon Tech Spain, S.L., menerima registrasi sebagai Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) pada 7 Juli 2022, oleh Bank of Spain. Warga Spanyol pun kini dapat mengakses bursa aset kripto dan layanan kustodi di Spanyol sesuai dengan aturan anti pencucian uang dan pendanaan kontra-teroris (AML/CTF) yang ditetapkan oleh Bank Sentral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)