Ada Ancaman Krisis Pangan Global, Begini Strategi Holding BUMN Pangan

Selasa, 25 Oktober 2022 - 23:21 WIB
loading...
Ada Ancaman Krisis Pangan Global, Begini Strategi Holding BUMN Pangan
Ilustrasi Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Holding BUMN Pangan atau ID FOOD memastikan dukungan bagi negara-negara anggota G20 untuk mengantisipasi krisis pangan global, salah satunya dengan memperluas ekosistem pangan.

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, pihaknya akan menciptakan ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

"BUMN Holding Pangan ID FOOD siap berkolaborasi dukung G20 untuk memperluas ekosistem pangan," ujarnya, Selasa (25/10/2020).

Dia menerangkan, skema yang ditempuh Holding Pangan untuk mengantisipasi krisis pangan global berupa kerja sama dengan mitra strategis untuk menguatkan teknologi pangan dan optimalisasi pemanfaatan kantor perwakilan di negara-negara G20.

Baca juga: Inilah 3 BUMN Pemenang Tender Proyek IKN Nusantara

Lalu, pertukaran teknologi melalui transfer pengetahuan antar negara G20, kerja sama penelitian untuk mengembangkan usaha sektor hulu dan hilir pangan, hingga meningkatkan sektor perdagangan dengan menjalin kerja sama bilateral atau multilateral dengan anggota G20.

Frans menilai skema tersebut sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir. Di mana Indonesia menjadi pusat pangan dunia.

"Kita bergotong royong membangun ekosistem Indonesia kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga, kementerian, swasta, UMKM, petani," paparnya.

Dia mencatat, potensi sinergi sektor pangan dengan G20 untuk antisipasi krisis pangan global cukup besar, di antaranya dengan pengembangan jaringan pasar internasional melalui penguatan produk pangan dan peluang ekspor seperti ekspor komoditas perikanan Indonesia.

Baca juga: Cadangan Beras Pemerintah di Akhir Tahun Terancam Kurang dari 500.000 Ton
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1487 seconds (10.177#12.26)