Industri Berat Eropa Mulai Menjerit Dihantam Krisis Energi

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:18 WIB
loading...
Industri Berat Eropa Mulai Menjerit Dihantam Krisis Energi
Produsen logam, bahan kimia dan gas menyampaikan, bahwa prospek di penghujung 2022 telah memburuk, seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa lonjakan biaya energi dan bahan baku akan mengecilkan industri berat Eropa. Foto/Dok Reuters
A A A
PARIS - Produsen logam, bahan kimia dan gas menyampaikan, bahwa prospek di penghujung tahun 2022 ini telah memburuk, seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa lonjakan biaya energi dan bahan baku akan mengecilkan industri berat Eropa .

Perusahaan gas industri Prancis, Air Liquide mengalami melambatnya permintaan dari beberapa pelanggan di Eropa. Sementara itu pembuat baja asal Swedia, SSAB mengatakan, bakal memangkas kapasitas pada kuartal keempat karena permintaan di Eropa menyusut. Kondisi tersebut sudah menggerussektor konstruksi hingga akhir September.



Selanjutnya produsen bahan kimia Jerman, Covestro menurunkan, proyeksi pendapatan di tahun 2022 untuk ketiga kalinya tahun ini, dimana mereka menyalahkan adanya lonjakan harga gas dan bahan baku.

Perusahaan yang memiliki produk utamanya termasuk di antaranya bahan kimia busa pada kasur, kursi mobil, dan insulasi untuk bangunan, mengutarakan hanya mampu mengimbangi sebagian dari kenaikan biaya melalui harga yang lebih tinggi.

Harga gas di Eropa telah mereda saat cuaca bulan Oktober yang luar biasa hangat dan proyeksi musim dingin yang ringan.

Tetapi benua biru -julukan Eropa- telah membayar lima kali lebih banyak untuk gasnya daripada Amerika Serikat, menimbulkan kekhawatiran bahwa kawasan itu harus berjuang untuk bisa bersaing di pasar global dalam jangka panjang.

"Musim dingin yang ringan saja, tidak bisa menyelamatkan Eropa. Pertumbuhan melambat, Bank Sentral Eropa (ECB) memperketat kebijakan, sementara mata uang tetap lemah," kata Analis senior di Swissquote Bank, Ipek Ozkardeskaya.

BASF, perusahaan bahan kimia terbesar di dunia, telah mengurangi produksi amonia, pupuk nitrogen, dan input untuk pembuatan plastik dan cairan knalpot diesel. Group besar itu sangat bergantung pada gas alam, dan membeli dari luar Eropa, di mana harganya lebih rendah.

Data terbaru juga menyoroti dampaknya. Aktivitas manufaktur zona euro bulan ini mencapai level terlemah sejak Mei 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)