Ini Tujuan dan Manfaat G20 Bagi Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:18 WIB
loading...
Ini Tujuan dan Manfaat G20 Bagi Indonesia
Terdapat sejumlah tujuan dan manfaat G20 bagi Indonesia yang perlu diketahui. Foto DOK biro setpress
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tujuan dan manfaa t G20 bagi Indonesia yang perlu diketahui. Indonesia menjadi pemegang Presidensi G20 selama setahun penuh, yakni per 1 Desember 2021 hingga KTT di November 2022 mendatang.

Indonesia telah didaulat untuk menjadi tuan rumah agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty atau G20 tahun 2022 ini. G20 diartikan sebagai forum kerja sama multilateral dari 19 negara utama dan Uni Eropa. Mengutip informasi dari laman BI, G20 dibentuk pada 1999 atas inisiatif anggota G7.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, Digitalisasi Jadi Konsen G20

Untuk anggotanya sendiri, di antaranya adalah Amerika Serikat, Afrika Selatan, Arab Saudi, Australia, Argentina, Brazil, Indonesia, India, Italia, Inggris, Jerman, Jepang, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, China, Turki, serta Uni Eropa.

Awalnya, G20 digunakan untuk merangkul deretan negara maju dan berkembang guna mengatasi krisis, khususnya di kawasan Asia, Rusia, hingga Amerika Latin. Adapun jenis pertemuannya sendiri cukup beragam

Diantaranya adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)/Summit, Ministerial & Deputies Meetings/Pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi, hingga Kelompok Kerja atau Working Groups.

Lantas, apa sebenarnya tujuan dari G20 ini? Dan apa manfaatnya bagi bangsa Indonesia?

1. Tujuan G20 Indonesia

Mengutip informasi dari laman Kemenkeu, dalam salah satu pidatonya, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan tema besar Presidensi G20 di Indonesia 2022 adalah ‘Recover Together, Recover Stronger’.

Melalui penyematan tema tersebut, Indonesia bertujuan mengajak seluruh negara untuk bekerja sama dan bahu membahu untuk pulih dan tumbuh lebih kuat ke depannya secara bersama-sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)