Orang Terkaya India 2022 Terus Raup Cuan, Total Harta Rp12.415 Triliun

Kamis, 27 Oktober 2022 - 11:31 WIB
loading...
Orang Terkaya India 2022 Terus Raup Cuan, Total Harta Rp12.415 Triliun
Raihan itu sebagian besar disumbang oleh taipan infrastruktur Gautam Adani, yang menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya India untuk pertama kalinya sejak 2008. Foto/Dok Forbes
A A A
NEW DELHIHI - Kekayaan gabungan dari 100 orang terkaya India pada tahun 2022 tumbuh USD25 miliar hingga menyentuh USD800 miliar atau setara Rp12.415 triliun (Kurs Rp15.519 per USD). Raihan itu sebagian besar disumbang oleh taipan infrastruktur Gautam Adani, yang menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya India untuk pertama kalinya sejak 2008.



Kebangkitan permintaan pascapandemi menggerakkan ekonomi India untuk menjadi yang terbesar kelima di dunia, melampaui Inggris. Tetapi pasar saham turun sedikit dari tahun lalu dengan pelemahan ruppee sebesar 10% menjadi peredam terbesar.

Pertumbuhan positif ekonomi, sedikit banyak membantu Adani menggandakan harta kekayaannya hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2021, dimana tahun ini menjadi USD150 miliar.

Bahkan Adani menggeser Jeff Benzos, pendiri Amazon untuk menjadi orang terkaya kedua di planet ini. Peraih keuntungan terbesar tahun ini dalam persentase dan dolar, Adani mengumumkan dia akan menginvestasikan USD100 miliar selama satu dekade selanjutnya, 70% fokus dalam energi hijau.

Lalu pada urutan kedua orang paling kaya di India, ada Mukesh Ambani yang mengendalikan Reliance Industries, raksasa minyak dan gas hingga telekomunikasi dengan jumlah kekayaan USD88 miliar atau turun 5% dari tahun lalu. Keduanya yakni Adani dan Ambani saat ini menyumbang 30% dari total harta 100 orang terkaya di India.

Raja ritel negara itu, Radhakishan Damani, yang memiliki jaringan supermarket DMart, masuk ke tiga besar untuk pertama kalinya meskipun kekayaan bersihnya turun 6% menjadi USD27.6 miliar. Sementara itu keuntungan besar dari vaksin Covid-19 mendorong baron vaksin India, Cyrus Poonawalla ke tempat keempat dengan kekayaan USD21,5 miliar.

Ada sembilan wajah baru tahun ini termasuk tiga dari IPO: Falguni Nayar, mantan bankir yang menjadi wanita terkaya di India setelah listing ritel kecantikan dan modenya Nykaa. Lalu pembuat pakaian etnis, Ravi Modi; dan pembuat sepatu Rafique Malik, yang mendaftarkan Metro Brands Desember lalu.

Di sisi lain ada tiga orang terkaya India dalam daftar yang meninggal dunia tahun ini. Ia adalah, Rahul Bajaj, kepala keluarga Bajaj yang sakit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)