Ogah Umbar PMN, Orang Terkaya Se-Indonesia Tegur BUMN Soal Investasi Properti

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:11 WIB
loading...
Ogah Umbar PMN, Orang Terkaya Se-Indonesia Tegur BUMN Soal Investasi Properti
BUMN mendapatkan teguran dari orang terkaya di Indonesia versi Menteri Keuangan (Menkeu), perihal keputusan memilih investasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - BUMN (Badan Usaha Milik Negara) mendapatkan teguran dari orang terkaya di Indonesia versi Menteri Keuangan (Menkeu), perihal keputusan memilih investasi. Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rionald Silaban memberikan teguran kepada BUMN perihal investasi properti yang tidak hati-hati.

Dia mengatakan, dalam berinvestasi di properti, BUMN harus cermat supaya tidak berakhir meminta Penyertaan Modal Negara (PMN) . Baca Juga: Potong Penjelasan Sri Mulyani, Ketua Komisi XI Colek Orang Terkaya RI

"Saya minta kepada para BUMN, kalau Anda masuk ke properti, pastikan investasi Anda bermanfaat, karena saya sangat menghindari Anda datang ke saya meminta PMN," ujar Rionald dalam Investor Gathering 2022 Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Erick Thohir Tak Terima Jika PMN BUMN Dipandang Negatif

Dia mengatakan, DJKN sering menyalurkan PMN kepada BUMN, baik bertujuan untuk penugasan pengerjaan proyek nasional, pengembangan skala bisnis, atau perbaikan kondisi keuangan.

"Keputusan investasi yang tidak optimal justru berisiko kerugian dan malah membebani keuangan BUMN. Maka dari itu, pastikan investasinya bisa memberikan hasil yang baik, terutama di sektor properti," tegas Rionald.

Sebagai informasi pada tahun 2022 ini, dana sebesar Rp38,5 triliun dialokasikan sebagai PMN kepada sejumlah BUMN. Adapun pada tahun depan, anggaran PMN diusulkan meningkat menjadi Rp73,26 triliun untuk 10 BUMN.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2040 seconds (11.252#12.26)