Bus Listrik Bakal Wara-wiri di IKN Nusantara Mulai September 2023

Kamis, 27 Oktober 2022 - 16:35 WIB
loading...
Bus Listrik Bakal Wara-wiri di IKN Nusantara Mulai September 2023
Ilustrasi bus listrik. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong penggunaan transportasi ramah lingkungan seperti bus listrik , termasuk di Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bus listrik akan dihadirkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir 2023 mendatang.

"Kita akan sediakan bus listrik untuk IKN dan Insha Allah bulan September dan Oktober (tahun 2023) sudah ada," ujarnya dalam dalam acara Sustainable Smart Transportation yang disiarkan secara virtual, Kamis (27/10/2022).

Menhub menerangkan, penggunaan bus listrik tersebut nantinya akan ditujukan untuk kendaraan transportasi yang menghubungkan Balikpapan menuju IKN Nusantara yang berlokasi di antara kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. "Jadi ketika orang kesana (IKN) dengan kendaraan darat itu mereka naik EV (electric vehicle)," tuturnya.

Baca juga: Momen Jokowi Duduk di Geladak Kapal Menyusuri Jalur Logistik IKN

Adapun pengadaan bus tersebut akan bekerja sama dengan PT INKA yang sebelumnya sudah membuat kendaraan bus listrik di Bali. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan subsidi untuk kendaraan listrik sebagai upaya pengurangan emisi karbon

"Kita kerja sama dengan apa yang kita buat di Bali, dan kita sudah ada 30 (bus listrik), kita buat lagi 10 atau 20 bus khusus di IKN," pungkas Menhub Budi.

Baca juga: Rencana Akuisisi KCI oleh MRT: Ditentang Serikat Pekerja, Didukung Menhub Budi Karya

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah menargetkan industri otomotif dalam negeri bisa memproduksi mobil dan bus listrik sebanyak 600.000 unit pada 2030.

Target tersebut sebagai komitmen untuk mewujudkan transformasi energi menuju Energi Baru Terbarukan (EBT) di sektor kelistrikan melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik sehingga dapat mewujudkan nol emisi di 2060.



"Komitmen pemerintah dalam pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik juga diwujudkan dengan menargetkan industri otomotif dalam negeri untuk memproduksi mobil listrik dan bus listrik sebanyak 600.000 unit di 2030," papar Wapres dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2568 seconds (11.97#12.26)