Kenalkan APBN ke Siswa, Sri Mulyani Gelar Lomba Bikin Konten TikTok

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:50 WIB
loading...
Kenalkan APBN ke Siswa, Sri Mulyani Gelar Lomba Bikin Konten TikTok
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terus mengenalkan pentingnya Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) kepada para pelajar dengan menggelar berbagai lomba. Kali ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menngelar lomba Debat APBN bagi mahasiswa, pembuatan Konten YouTube dan TikTok bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Ini merupakan suatu upaya yang kita terus dorong dan saya berterima kasih serta menghargai dari jajaran Kementerian Keuangan yang terus melakukan upaya untuk mensosialisasikan dan mengedukasi mengenai instrumen APBN yang memang luar biasa penting," ujar Sri Mulyani dalam acara Final Lomba Debat APBN 2022 bertema Generasi Peduli Negeri di Jakarta, Kamis (27/10/2022).



Setelah melewati berbagai tahap persaingan yang sehat dan sangat ketat, Lomba Debat APBN kali ini menghadirkan tiga tim terbaik dari total 197 tim dari 97 perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini.

Adapun tiga tim yang berhasil bertanding di acara final yaitu terdiri dari tim Generality dari Universitas Gadjah Mada yang keluar sebagai juara pertama, tim Utility dari Politeknik Keuangan STAN sebagai juara kedua dan tim Ledhak dari Universitas Hasanuddin sebagai juara ketiga.

Selanjutnya, selain pengumuman pemenang dari Lomba Debat APBN, dalam kesempatan itu juga di umumkan lima finalis Lomba Konten Tiktok APBN tingkat SMP yang dimenangkan oleh sekolah UPT SMPN 1 Duampanua Sulawesi Selatan sebagai juara pertama, dan juga lima finalis Lomba Konten Video YouTube yang dimenangkan oleh sekolah MTSN 1 Kebumen Jawa Tengah sebagai juara pertama.

Dikatakan Sri, kegiatan ini tidak hanya sekedar lomba melainkan merupakan sebuah investasi bagi Indonesia dalam membangun generasi muda yang paham dan peduli mengenai instrumen keuangan negara, serta aktif menjaga dan memperkuat sehingga Indonesia bisa mencapai cita-citanya.

"Cita-cita kita menjadi masyarakat adil makmur, menjadi negara maju, negara yang bermartabat, keren, kalau kita berdiri dan kita ke mana-mana dihormati dan diakui. Kan inginnya seperti itu," ungkap Sri.

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasinya kepada sekolah-sekolah yang turut aktif berpartisipasi dalam lomba ini. Serta apresiasi diberikan kepada para guru yang telah aktif membimbing, mendukung, dan memotivasi para siswa untuk semangat berkompetisi serta menumbuhkan minat dan kepedulian terhadap keuangan negara.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang terus berpartisipasi dalam lomba ini dan terutama juga guru-guru yang ikut di dalam lomba mengajar APBN. Serta untuk para guru saya harapkan makin kreatif di dalam mengajarkan sebuah instrumen APBN yang kompleks dan sebetulnya dimensinya sangat luas kepada murid-muridnya," jelasnya.



Terakhir, Sri berharap agar para generasi muda dapat terus mengerti, menekuni, mempelajari, berkompetisi, dan mengisi ruang publik dengan hal-hal yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Terus kita berkompetisi dengan baik, terus mengisi waktu Anda dengan berbagai edukasi dan informasi yang baik, dan itu adalah cara Anda untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia," tutupnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)