104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Dibangun di Jawa Barat, Catat Titiknya

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 10:46 WIB
loading...
104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Dibangun di Jawa Barat, Catat Titiknya
Semakin populernya kendaraan listrik di kalangan masyarakat, PLN akan membangun 104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh wilayah di Jawa Barat. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Semakin populernya kendaraan listrik di kalangan masyarakat, PLN akan membangun 104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ) di seluruh wilayah di Jawa Barat(Jabar) .

General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Nugraha menyampaikan bahwa 104 SPKLU tersebut akan diletakkan di 92 titik di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan Se-Jawa Barat. Kemudian 7 titik di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan, 3 titik di Kantor Pemda, 1 titik di Istana Bogor, dan 1 titik di jalur lintas selatan Banjar.

Agung menjelaskan, SPKLU ini menjadi lompatan besar di Jabar bagi percepatan penggunaan kendaraan listrik di Jawa Barat. Baca Juga: Hadapi Penambahan Mobil Listrik, Tahun Ini PLN Target Bangun 580 SPKLU

“Jumlah SPKLU ini akan menjadi lompatan besar di Jawa Barat karena sebelumnya baru ada 5 titik SPKLU yang terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN, yaitu di Kantor PLN UP3 Bandung, Rest Area 207A, Rest Area 208B, PLN ULP Bandung Utara, dan Gedung Sate Bandung," jelas Agung dalam siaran persnya.

Agung Nugraha menambahkan, bahwa PLN berkomitmen terus memperbanyak jumlah SPKLU untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Jawa Barat.

Baca Juga: Harga Selangit Hambat Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Di tahun 2023 nanti, PLN akan menambah kembali jumlah lokasi SPKLU sebanyak 208 titik. Sementara di tahun 2024 akan ditambah 416 titik lokasi SPKLU dengan skema bisnis publik (sewa).

“Untuk mendorong pertumbuhan bisnis SPKLU, PLN juga menyiapkan skema kerja sama berupa franchise, Investor Own Investor Operate, dengan nilai investasi mulai dari Rp350 juta, bervariasi tergantung tipe SPKLU nya," papar Agung.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3607 seconds (10.55#12.26)