Kompetensi Digital Kunci Hadapi Dinamika Era Industri 4.0

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:19 WIB
loading...
A A A
Kompetensi ini menyangkut mengamankan perangkat digital, mengamankan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, memahami rekam jejak digital, dan memahami keamanan digital untuk anak.

“Waspadai malware yang mengincar data pribadi kita di ponsel atau laptop. Lalu, buatlah kata sandi yang kuat dan rutin diganti secara berkala,” saran dia.



Trisno juga mengingatkan untuk tidak mudah mengunggah informasi pribadi di media sosial demi mencegah masuknya kejahatan digital lewat celah informasi pribadi tersebut.

Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Olivia Lewi Pramesti menyatakan, memegang teguh nilai-nilai budaya Pancasila juga penting dalam bergaul di dunia digital.

Pasalnya, individu yang beraktivitas di dunia digital datang dari daerah berbeda dengan latar belakang, budaya, maupun adat-istiadat yang berbeda pula.



Oleh karena itu, dibutuhkan norma dan etika baru dalam bergaul di dunia maya, layaknya di dunia nyata. “Ruang digital sebagai buah kemajuan teknologi, dengan demikian, adalah bagian dari budaya,” tuturnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)