Data Analyst jadi Profesi Paling Dibutuhkan di 2025, Intip Besaran Gajinya

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 10:58 WIB
loading...
Data Analyst jadi Profesi Paling Dibutuhkan di 2025, Intip Besaran Gajinya
Data analyst jadi profesi paling dibutuhkan di 2025. Ilustrasi Foto/pexels/fauxels
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi membuat lanskap pekerjaan berubah. Ada banyak bidang pekerjaan yang terancam hilang tapi tak sedikit juga ragam profesi baru yang bermunculan.

World Economic Forum (WEF) beberapa waktu lalu merilis daftar pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2025, di mana data analyst menempati posisi teratas sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan.

Untuk diketahui, data analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisa dan riset data dengan menggunakan perangkat atau tools tertentu.

Di dunia bisnis, data analyst berhubungan dengan berbagai jenis data yang dimiliki perusahaan dan memiliki peran penting dalam mengolah, mengambil kesimpulan hingga memvisualisasikan data untuk berbagai departemen terkait.

Seorang data analyst juga bertugas menganalisa data besar (big data) guna mengidentifikasi tren sehingga dapat melakukan prediksi bisnis berdasar data dan mendukung manajemen mengambil strategi bisnis yang relevan.

Digitalisasi mendorong profesi data analyst menjadi sangat dibutuhkan saat ini terutama di dunia bisnis karena perilaku, selera, dan tren yang dekat dengan target pasar menjadi sangat cepat mengalami perubahan.



CEO & Founder Refocus Education Project Roman Kumay Vyas menyatakan, prospek kerja data analyst di era digital ini sangat menjanjikan. Pasalnya, pekerjaan analis data bisa dilakukan oleh siapa pun dengan latar belakang apa pun.

“Alasan lainnya adalah banyaknya data bermunculan setiap tahunnya yang jika diolah dengan tepat dapat mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan secara signifikan,” kata Roman dalam keterangannya, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Menurut dia, profesi data analyst dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan dan di berbagai industri seperti perbankan, teknologi, kesehatan, transportasi, asuransi, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)